UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

INDONESIA – Kaum Muda Belajar Tentang Perkawinan dan Cinta pada Hari Valentine

Pebruari 18, 2009

JAKARTA (UCAN) — Orang muda Katolik mengadakan berbagai acara, termasuk diskusi, misa dan kado silang, untuk merayakan hari Valentine.

Pada 14 Februari, Kelompok Karyawan Muda Katolik Gereja St. Andreas Jakarta Barat mengadakan diskusi tentang “Sex, God and Marriage.” Sekitar 70 kaum muda dari berbagai paroki di Keuskupan Agung Jakarta mengikuti acara yang diisi dengan ceramah seorang imam dan konselor perkawinan.

“Jangan melihat kehidupan berkeluarga hanya pada pemenuhan seksual. Perkawinan itu harus didasarkan pada cinta bukan seks,” kata Pastor Yakobus Tarigan, salah satu pembicara.

Ia menasehati para kaum muda supaya berkomitmen untuk hidup bersama ketika mereka menikah. Ia mengatakan orang yang ingin menikah “harus mengenal” latar belakang pasangan mereka masing-masing “dan berbicara jujur tentang, misalnya, karakter dan latar belakang keluarganya.”

Di Pontianak, ibu kota propinsi Kalimantan Barat, 50 orang muda Katolik dari Gereja Stella Maris bertukar hadiah dalam acara “Ungkapkan Kasih dengan Nyata.”

“Perayaan hari Valentine adalah momen untuk benar-benar mengasihi sesama, seperti kita mengasihi diri sendiri. Kasih sejati itu berarti saling solider dan membantu sesama, “ kata Pastor Giovanni Patty MSC kepada para peserta.

Sementara itu, di kota yang sama, sekitar 1,000 orang muda Katolik berkumpul di aula SMA Gembala Baik dalam acara yang bertemakan “Love is for everyone.” Para peserta menonton pemutaran film komedi, menyanyikan lagu-lagu romatis, dan saling bertukar bunga dan coklat, termasuk anak yatim-piatu dari daerah itu, yang diundang untuk mengikuti acara itu.

Di Maumere, para pemuda Katolik dari Katedral St. Yosef menyelenggarakan doa bersama di sebuah hotel. Lebih dari 50 orang mengikuti acara yang diisi dengan tukar hadiah itu.

Di SD Bartyarsah yang dikelola Katolik, juga di Maumere, para siswa berhenti sebentar dari jam belajar mereka untuk saling bertukar hadiah, seperti minuman ringan dan biscuit.

END

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi