UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

CINA – Pakar Liturgi Hong Kong Menoleh ke 20 Tahun Perjalanan

Juli 6, 2009

HONG KONG (UCAN) — Selama 20 tahun, Pastor Thomas Law Kwok-fai membimbing umat Katolik di Cina daratan dan Hong Kong mengenai liturgi.

Sekarang ini Pastor Law mengetuai Komisi Liturgi Keuskupan Hong Kong.

Banyak hal telah berubah pesat dalam 20 tahun sejak dia, Pastor Joseph Zen Ze-kiun SDB (kini kardinal dan uskup emeritus Hong Kong) dan Pastor Edward Malatesta SJ asal Amerika mulai mengajar liturgi, Kitab Suci, dan Filsafat di Seminari Regional Sheshan di luar Shanghai.

Imam diosesan asal Hong Kong itu menganggap 30 September 1989, saat seminari itu merayakan Misa pertamanya dalam bahasa Cina, sebagai sebuah batu penjuru dalam perjalanannya dengan Gereja Cina daratan.

Setelah awal “yang sangat baik” itu, kata Pastor Law, seminari itu mengadakan Misa bahasa Cina satu kali seminggu, sampai akhirnya semua Misa dipersembahkan dalam bahasa Cina. Konsili Vatikan Kedua (1962-64) mengijinkan penggunaan bahasa pribumi menggantikan bahasa Latin dalam Misa. Bahasa Latin telah menjadi bahasa liturgi selama berabad-abad dalam Gereja Katolik Roma.

Perlahan-lahan Misa bahasa cina diperkenalkan ke semua paroki di Shanghai. Kini, menurut Pastor Law, hanya sejumlah paroki mengadakan Misa dalam bahasa Latin, hanya satu kali di pagi hari bagi umat paroki generasi tua.

Selama bertahun-tahun, pakar liturgi itu memanfaatkan berbagai teknologi media baru ketika berbagai sarana teknologi itu muncul.

Sejumlah imam di Propinsi Hebei dan Propinsi Shanxi mempersembahkan Misa-Misa dalam bahasa Cina sebelum 1989, dengan menggunakan buku-buku yang disumbangkan oleh Gereja-Gereja di Hong Kong dan Taiwan, tetapi Pastor Law menemukan bahwa para imam tidak mempelajari liturgi pasca-Vatikan II.

“Maka kami mencetak bahan-bahan untuk memberi penjelasan dengan gambar-gambar yang membantu mereka memahami semangat dan maknanya,” katanya.

Bekerja sama dengan Gereja di Taiwan, Pastor Law kemudian memproduksi video-video yang memperlihatkan Misa dalam bahasa Cina dan menjelaskan makna setiap bagian dalam konteks liturgi pasca-Vatikan II.

Sekarang ini komisi liturgi itu menggunakan sebuah website yang memberi blog-blog tentang liturgi dan spiritualitas, dan bahan-bahan yang dapat di-download termasuk doa-doa, dan buku-buku Misa Minggu yang telah direvisi. Sebelumnya, buku-buku seperti biasa dibawa ke mana-mana, katanya.

Selain dampak yang dibuat Pastor Law di bidang kehidupan devosional umat Katolik Cina, dia sendiri menggambarkan dirinya “hanya sebagai seorang guru yang memperkenalkan liturgi (pasca-Vatikan II) kepada mereka” melalui seminari-seminari di Cina daratan.

Namun beberapa dari mahasiswanya berhasil meraih gelar-gelar kesarjanaan selama dekade lalu dan kini mengajar di seminari-seminari dan mempromosikan perkembangan liturgi.

Pastor Law ditunjuk untuk memimpin Komisi Liturgi Keuskupan tahun 1985, setelah menyelesaikan studi liturgi di Universitas Kepausan St. Anselmo yang dimulai setahun setelah ditahbiskan menjadi imam pada 30 Juni 1979. Dia diberi tanggung jawab untuk mengajar liturgi dan turut mempromosikan pembaruan liturgi di Cina daratan.

Empat tahun kemudian, dia tiba di Sheshan atas undangan Uskup Shanghai Mgr Aloysius Jin Luxian SJ.

Pembaruan-pembaruan yang diprakarsai Konsili Vatikan II masih belum menjangkau Cina daratan, karena ketertutupan dan penindasan agama oleh komunis Cina, yang mulai berkuasa 1949.

Pastor Law dan dua rekannya langsung mulai mempersiapkan Misa dalam bahasa Cina, dengan memberi kuliah-kuliah tentang liturgi, sejarah Gereja, dan tradisi, serta Konsili Vatikan II. Secara praktis, mereka mengajar para seminaris bagaimana melayani altar dan mempersiapkan bacaan dan lagu-lagu dalam bahasa Cina, kata Pastor Law.

Dia juga mengajar di seminari-seminari lain di Beijing, Jilin, Shenyang, Shijiazhuang, Taiyuan, Wuhan, dan Xi’an.

Sekitar tahun 1993, komisi liturgi mengadakan aksi. Melalui aksi-aksi itu, paroki-paroki Hong Kong mensponsori sedikitnya 100.000 set buku Misa yang disebarkan ke banyak keuskupan di Cina daratan.

Selain “masuk,” komisi itu juga melayani mereka yang “keluar.” Setelah aturan-aturan ketat untuk bepergian diperlunak oleh pemerintah tahun 2003, jumlah pastor dan suster dari Cina daratan disambut oleh komisi itu di Hong Kong meningkat tajam. Komisi itu sudah biasa melakukan itu sejak pertengahan 1990-an.

Tahun lalu saja, Pastor Law dan para anggota staf komisinya menerima lebih dari 200 tamu seperti itu. Perjalanan seminggu yang biasa mereka lakukan termasuk mengunjungi organisasi-organisasi keuskupan dan gereja-gereja dengan memperoleh penjelasan tentang tujuh sakramen, kata Pastor Law, sejumlah tamu merasa bahwa panggilan mereka diperbarui.

“Cinta tidak menghendaki pamrih,” kata Pastor Law setelah mengabdi selama tiga dekade.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi