UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Peran keluarga itu tak tergantikan

April 22, 2010

Peran keluarga itu tak tergantikan

Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng

Uskup Ruteng yang baru saja ditahbiskan, Mgr Hubertus Leteng, meminta keluarga Katolik untuk rajin berdoa rosario dan menghadiri perayaan Ekaristi.

Uskup Hubertus mengatakan keluarga merupakan seminari kecil, tempat pembinaan iman anak.

“Keluarga memegang peran sangat penting dalam kehidupan seseorang,” kata Uskup Hubertus kepada ribuan orang yang menghadiri misa syukur beberapa waktu lalu setelah dia ditahbiskan uskup menggantikan (alm) Mgr Eduardus Sangsung SVD.

“Saya berharap seluruh keluarga Katolik di keuskupan ini akan berdoa rosario dan menghadiri perayaan Ekaristi secara teratur,” katanya dalam Misa syukur di Taga, Manggarai, tempat kelahirannya.

Mantan rektor Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret ini ditahbiskan uskup pada 14 April lalu di Ruteng, ibukota Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Dalam homili dia menekankan pentingnya hubungan keluarga dan persaudaraan Kristiani, karena ini sifatnya jangka panjang.

Uskup Hubertus juga mendesak anak muda Katolik untuk giat bekerja dan terus berjuang. “Anak muda Katolik harus menghindari mentalitas instan,” katanya.

Pada kesempat itu Mgr Hubertus juga sempat berbagi kisah bahwa sebagai anak tertua dari 13 bersaudara, dia harus menghadapi masa kecil yang cukup sulit karena dia harus membantu keluarganya.

“Saya menjual kayu bakar ke kota dan sekitarnya. Saya juga menjual garam ke orang lain,” katanya mengenang.

UCA News

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi