UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Komunitas blogger Malaysia bahas isu “Allah”

Mei 24, 2010

Komunitas blogger Malaysia bahas isu “Allah”

Surat kabar Herald menjadi soroton internasional saat penggunaan kata "Allah" dalam koran tersebut menjadi perdebatan

Para blogger Malaysia berkumpul untuk membahas kembali keputusan Pengadilan Tinggi yang membiarkan surat kabar Katolik Herald untuk menggunakan kata “Allah” dalam seksi bahasa Malay koran tersebut.

“Tidak salah bagi orang-orang Kristen untuk mengatakan Tritunggal sebagai Allah. Itu agama mereka. Bukankah Allah artinya Tuhan?” tanya Khalid Samad, anggota DPR dari partai oposisi Pan-Malaysia Islamic Party (PAS), kepada blogger yang hadir dalam pertemuan tahunan tersebut.

“Orang menggunakan semantik untuk membuat isu ini jadi membingungkan,” katanya, dan menambahkan bahwa Kitab Suci bahasa Malay menggunakan kata Allah untuk Tuhan, dan itu “tidak masalah.”

Nabi Muhammad tidak mengatakan kepada orang Kristen bahwa penggunaan kata “Allah” itu haram hanya karena orang Kristen percaya pada Tritunggal, kata seorang pembicara Muslim Harris Ibrahim, pendiri blog People’s Parliament.

“Kalaupun mungkin untuk membingungkan komunitas Muslim (atas isu ini), kitalah yang salah, kalau kita lemah. Kenapa orang lain dipersalahkan?”

Seorang aktivis muda dan blogger pendukung pemerintah, Akhramsyah Muammar Ubaidah Sanusi, mengatakan isu Allah tidak boleh dipolisisasi. “Gereja Katolik seharusnya menunjukkan kebesarannya seperti yang diklaim selama ini, dan menyampaikan saran bagaimana memecahkan isu ini.”

Seorang figur oposisi dan pengacara, Zaid Ibrahim, mengatakan kepada yang hadir bahwa “pemerintah seharusnya menerima keputusan pengadilan.”

“Kembali ke Qur’an,” katanya. “Orang-orang non-Muslim dijinkan untuk menggunakan kata ‘Allah’ dan kaum Muslims harus menerimanya.”

Oleh reporter ucanews.com, Kuala Lumpur

2 responses to “Komunitas blogger Malaysia bahas isu “Allah””

  1. Fadry Yassa says:

    memakai kata nama ALLAH swt,boleh2 saja..,akan tetapi nama ALLAH yg boleh digunakan hanya untuk memuji kebesaran ciptaan ALLAH swt….,jika salah memakai nama ALLAH swt maka orang itu ialah ahli neraka” sebab menggunakan nama ALLAH dilain tujuan/ untuk label kepentingan sendiri..

    contoh menggunakan nama ALLAH swt yg maha suci.
    : sungguh indah karunia ALLAH yg diciptakan dan diberikan kepada kita semua.”

    jadi intinya memakai nama ALLAH hanya untuk momen bersyukur….begitulah saudaraku

    by: Hamba_ALLAH

  2. kalau ada pohon yang tumbang sebab angin kencang, maka jangan salahkan angin yang berhembus kencang tapi selidiki pohon yang tumbang tersbut…
    kalau manusia terpengaruh oleh kelompok lain..maka jangan salahkan kelompok lain yang mempengaruhi manusia, tapi slahkan manusianya sebab dalam dirinya ada kekeroposan yang tidak di sadari..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi