UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Aktivis Katolik ditangkap di fasilitas uji nuklir

September 7, 2010

Aktivis Katolik ditangkap di fasilitas uji nuklir

Para demonstan anti fasilitas atom nuklir

Pejuang perdamaian dari kelompok Kristen bergabung dalam demonstrasi di depan gerbang Atomic Weapons Establishment (AWE) di Aldermaston, Berkshire (6/9) untuk menentang pembangunan fasilitas percobaan senjata perang bernilai jutaan pondsterling di lokasi tersebut.

Dalam demonstrasi tersebut 3 aktivis Katolik ditangkap.

‘Project Hydrus’ merupakan pembangunan terbaru pada program modernisasi dengan biaya £1 miliar setiap tahun di AWE. Proyek ini mencakup laser Orion yakni suatu fasilitas penanganan uranium dan tiga supercomputer baru.

Para demonstran mengatakan peralatan ini akan memampukan Inggris untuk mengembangkan senjata nuklir generasi baru.

Empat dari mereka mengikat diri mereka satu dengan yang lain dan terbaring selama dua jam tepat di depan gerbang. Yang lainnya berdiri di samping mereka sambil memegan spanduk dan bernyanyi.

Banyak pekerja yang mau masuk fasilitas tersebut terpaksa dialihkan oleh polisi, namun tidak menyebabkan kemacetan di highway.

Menyusul blokade tersebut, tiga demonstran Katolik pencinta perdamaian, ditangkap setelah mereka nyelonong masuk melewati pagar, kemudian berlutut dan berdoa. Mereka adalah Pastor Martin Newell, 43, seorang pastor ordo Pasionis dari London Catholic Worker, Susan Clarkson, 63, dari Oxford Catholic Worker, dan Chris Cole, 47.

Salam sebuah pernyataan seperti yang dikutip oleh Independent Catholic News ketiganya mengatakan:

“Kami datang ke Atomic Weapons Establishment di Aldermaston untuk membuka jalan baru ke dalam fasilitas menuju kematian yang dijaga ketat itu.”

“Kami datang karena terinspirasi oleh kata-kata Yesus untuk menjadi pembawa damai dan hidup tanpa kekerasan….”

“Kami yakin AWE Aldermaston dan program pengembangan baru yang ekstensif dan mahal perlu dibeberkan sebagai: sebuah fasilitas untuk pembuatan senjata pemusnah masal yang memiliki kekuatan untu menghancurkan dunia yang indah ini, yang diberikan kepada kita oleh Tuhan, sang Pencipta untuk dijaga dan dilestarikan.”

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi