UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Umat Kristen mulai puasa untuk perdamaian

Maret 14, 2011

Umat Kristen mulai puasa untuk perdamaian

Umat berkumpul untuk berdoa dan berpuasa pada hari pertama

Umat Kristen di Mangalore, yang pernah mengalami gelombang serangan anti-Kristen dua tahun lalu, memulai 21 hari puasa dan doa demi keamanan dan perdamaian di kota di India selatan tersebut.

“Kami menyempatkan 21 hari doa dan puasa demi keamanan” umat Kristen di Karnataka, kata Uskup Mangalore Mgr Aloysius Paul D’Souza yang membuka acara doa tersebut pada 10 Maret.

Setelah terjadi berbagai serangan dari kelompok pro-Hindu terhadap gereja-gereja di seluruh Negara Bagian Karnataka tahun 2008, katanya, umat Kristen “terus saja menjadi takut” dan ada perasaan tidak aman.

Setidaknya pada beberapa hari di awal kerusuhan itu, 27 tempat Kristen dirusak di seluruh negara bagian tersebut. Kerusuhan itu berlangsung selama tiga bulan setelah Bhratiya Janata Party (BJP) yang pro-Hindu berkuasa tahun 2008.

Pastor Nelson Pinto, penyelenggara acara tersebut di keuskupan itu, mengatakan, acara tersebut ditetapkan selama 21 hari karena alasan alkitabiah.

Menurut Alkitab, Daniel “berpuasa tiga pekan penuh dengan mengorbankan anggur, daging, dan makanan yang enak,”  kata imam Karmelit tersebut.

Dengan latar belakang itu, katanya, umat Katolik di seluruh keuskupan pantang daging dan makanan kesukaan mereka, dan hanya makan sayuran dan buah-buahan.

Umat Katolik dari seluruh paroki akan bergantian dalam kegiatan puasa, doa, dan adorasi yang diselenggarakan di pusat keuskupan selama delapan jan setiap hari.

Sekitar 600 umat pembukaan pada hari pertama program tersebut. Program ini akan berakhir pada 30 Maret.

“Ini merupakan doa dari umat untuk maksud tertentu. Secara personal, kami mengajak sebanyak mungkin umat untuk terlibat dalam berbagai pertemuan doa marathon ini,” kata Melvyn Noronha, salah satu pengurus program tersebut.

ucanews.com

One response to “Umat Kristen mulai puasa untuk perdamaian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi