UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Ruteng bicara soal pengaruh Arab

Oktober 10, 2011

Uskup Ruteng bicara soal pengaruh Arab

Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng Pr (Foto:ACN)

Islamisasi tidak hanya sebuah ancaman bagi umat Kristiani di Indonesia, tapi juga mengakibatkan ketegangan dalam mayoritas Muslim itu sendiri.

Banyak umat Muslim setempat  menolak “Arabisasi” agama mereka, kata Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng dalam sebuah wawancara dengan Aid to the Church in Need (ACN), sebuah lembaga karitatif Gereja Katolik.

Islamisasi sedang meningkat drastis di pulau Flores, dimana keuskupannya berlokasi, dan di pulau-pulau lain yang mayoritas Kristen termasuk Maluku, katanya.

“Kelompok fanatik” mulai bergeser ke Flores, yang datang dari Jawa, namun umat Muslim setempat menentang “radikalisasi itu.” Islamisasi dipengaruhi oleh para militan dari Timur Tengah, katanya.

Uskup itu, yang juga mengunjungi markas internasional ACN dekat Frankfurt, Jerman, menekankan bahwa Gereja menempatkan nilai-nilai luhur untuk mempromosikan saling menghormati diantara umat Kristiani dan Muslim.

Perbedaan diantara umat Muslim dan non-Muslim di Indonesia “ditandai dengan perbedaan ekonomi dan persaingan etnis serta lebih banyak dilakukan berkaitan dengan sistem politik ketimbang Islam itu sendiri,” katanya.

Di keuksupan Ruteng, hampir 674.000 dari 717.000 penduduk adalah Katolik, sementara umat Kristiani hanya 11 persen dari total 233 juta penduduk Indonesia.

LINK: Bishop deplores Arab influence

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi