UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

FKUB sosialisasi kerukunan beragama

Oktober 17, 2011

FKUB sosialisasi kerukunan beragama

Ilustrasi kerukunan umat beragama (repro)

Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Nunukan, Minggu (16/10) mengadakan sosialisasi kerukunan antar umat beragama di RT 6, Desa Binusan, Nunukan, Kalimantan Timur.

Pertemuan yang diikuti seluruh perwakilan agama diwilayah itu diadakan untuk menumbuhkan saling pengertian antar sesama warga sehingga tidak mudah terpancing oleh hala-hal yang menyebabkan konflik dengan agama lain.

“Kami turun langsung ke masyarakat bawah. Kita ingin memberikan penjelasan, ada aturan mengenai pendirian rumah ibadah, pentingnya kerukunan umat beragama. Karena kita prihatin dengan kondisi saat ini, mudahnya masyarakat terpicu untuk melaksanakan tindakan-tindakan anarkis,” ujar Ketua FKUB Kabupaten Nunukan, Haji Hermansyah R, seperti dilaporkan tribunews.com.

Hermansyah mengatakan, sebenarnya kegiatan serupa sudah seringkali dilaksanakan. Namun kegiatannya lebih difokuskan di tingkat kecamatan.

“Jadi kami memang biasa melaksanakan kegiatan seperti ini di tingkat kecamatan. Nah kalau di tingkat kecamatan, yang diundang kan itu-itu saja orangnya. Kita ingin langsung turun ke masyarakat bawah,” ujarnya.

Mathias mewakili umat Katolik mengatakan, selama ini pihaknya bisa hidup berdampingan dengan agama apapun di Nunukan.

“Karena kita dalam penyampaian melalui mimbar atau kegiatan di masyarakat, kita selalu menekankan untuk menjaga kedamaian dan kerukunan itu. Karena memang inti ajaran dari Katolik itu kan bagaimana menerapkan cinta dan kasih dalam kehidupan. Saya pikir tidak ada masalah,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi