UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Forum siswa bangun solidaritas sosial

Oktober 20, 2011

Forum siswa bangun solidaritas sosial

Siswa dari tujuh sekolah Katolik berkumpul di Seminari Menengah St. Petrus Canisius.

Ratusan siswa dari tujuh SMP dan SMA yang dikelola Serikat Yesus (SJ) berkumpul di Magelang Jawa Tengah, untuk sebuah acara empat hari yang bertujuan membangun solidaritas di kalangan orang muda untuk memberantas masalah sosial.

Sebanyak 690 siswa menghadiri pertemuan itu, yang dimulai pada 17 Oktober dan berakhir 20 Oktober, di Seminari Menengah St. Petrus Canisius.

Peserta yang ambil bagian dalam acara ini dari Kolese Kanisius (SMP dan SMA) Gonzaga Jakarta, Kolese Loyola dan PIKA Semarang,  Kolose Mikael Solo, Kolose De Britto Yogyakarta, Seminari Menengah Mertoyudan Magelang, dan Kolose Le Cocq d’Armandville atau SMA Adhi Luhur Nabire, Papua.

Kegiatan itu termasuk kegiatan olahraga, debat bahasa Inggris, potografi, film pendek dan lomba bercerita, bedasarkan tema Duc in Altum (Bertolak ke tempat yang lebih dalam).

“Kita ingin terlibat dalam keprihatinan Serikat Yesus Provinsi Indonseia, yaitu bagaimana menangani kemiskinan, radikalisme agama  dan kerusakan lingkungan  hidup, agar kita punya kerangka belajar bersama,” kata ketua pantia Pastor  Yohanes Alis Windu Prasetya SJ, seorang penyelenggara acara itu.

Pastor Prasetya, yang juga pendamping rohani Kolese Gonzaga di Jakarta, mengatakan para siswa mengadakan sharing spiritualitas Ignatian.

“Kami berkumpul di sini untuk saling belajar berelasi dan berbagi pengalaman,” katanya.

Michael Kurnia, 13, salah seorang siswa SMP Kolese Kanisius Jakarta mengaku senang mengikuti acara ini karena ia bisa bertemu dengan sesama siswa dari kolese lain.

Sumber: Students forum to boost solidarity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi