UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

50 tahun Konsili Vatikan II

Januari 31, 2012

50 tahun Konsili Vatikan II

Pada 50 tahun lalu tepatnya bulan Oktober, Paus Yohanes XXIII dan lebih dari 2.500 uskup dan kepala Ordo Religius dari seluruh dunia berkumpul di Basilika St. Petrus untuk membuka sesi-sesi Konsili Vatikan II.

Tiga tahun kemudian, Konsili Vatikan II mengeluarkan 16 “dokumen” utama tentang pernyataan-pernyataan fundamental termasuk otoritas hierarki Gereja, penafsiran Kitab Suci, serta peran klerus dan awam.

Dokumen-dokumen dan  hasil lain dari sidang itu telah mengubah bagaimana Gereja Katolik memahami dan menampilkan dirinya dalam konteks budaya dan masyarakat sekular modern.

Karena Konsili Vatikan II adalah salah satu peristiwa monumental dalam sejarah keagamaan modern, ulang tahun emasnya akan menjadi kesempatan untuk diadakan berbagai kegiatan peringatan, termasuk perayaan liturgi, publikasi dan konferensi akademis.

Sebuah pameran tentang Konsili Vatikan II diadakan di Basilika Roma, yang dibuka pada akhir Januari dan akan berlangsung sampai November 2013. Pameran itu termasuk tulisan tangan asli dari pidato Paus Yohanes pada sesi pembukaan.

Klerus dan kaum awam dengan cara berbeda bagaimana menerapkan dokumen konsili itu secara meluas, apakah sesui surat dokumen itu atau membuat penafsiran yang luas dari “semangat Vatikan II.”

Paus Benediktus XVI telah menolak apa yang dia sebut “hermeneutika diskontinuitas dan perpecahan” dalam pemahaman konsili itu di masa kini.

Paus Benediktus telah membuat rekonsiliasi dengan Socuety of St. Pius X sebagai sebuah prioritas kepausannya.

Sumber: Half a century after Vatican II, a year of faith and debate

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi