UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Partai Suu Kyi klaim hampir sapu bersih semua kursi

April 3, 2012

Partai Suu Kyi  klaim hampir sapu bersih semua kursi

Para pejabat Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) kemarin mengklaim mungkin menyapu bersih setelah pemilu hari Minggu.

Menurut juru bicara partai itu Han Thar Myint, NLD telah memenangkan 43 dari 45 kursi yang diperebutkan dalam pemilu hari Minggu.

“Kami sangat bergembira NLD telah memenangkan sebagian besar kursi,” kata Han Thar Myint kepada ucanews.com, kemarin.

Hasil resmi akan diumumkan akhir pekan ini.

Ketua Partai Aung San Suu Kyi, yang dengan mudah memenangkan kursinya di Kawhmu, kemarin, menyatakan pemungutan suara itu adalah kemenangan bagi rakyat Myanmar.

Di Mandalay, ribuan pendukung yang berkumpul di depan kantor NLD, melambaikan bendera partai dan menyebut Suu Kyi. Massa lainnya turun ke jalan-jalan kota hingga larut malam membunyikan klakson untuk merayakan kemenangan .

Kandidat saingan mengucapkan selamat kepada pemenang tidak resmi dan menjelaskan pemilu yang bebas dan adil.

U Than Tun, seorang kandidat dari Uni Solidaritas dan Pembangunan (USDP) yang berjuang untuk kursi Maharaungmyae di Mandalay mengatakan kepada ucanews.com kemarin bahwa ia tidak kecewa dengan hasil itu.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada NLD atas kemenangannya. Itu adalah pemilu yang adil dan kompetisi itu sangat sulit,” katanya, seraya menambahkan dia berharap bahwa anggota parlemen baru akan memasuki parlemen dan semua pekerjaan untuk membantu mengembangkan negara dan rakyatnya.

Sebelumnya, NLD telah menyuarakan keprihatinan terkait jajak pendapat karena penyimpangan daftar pemilih dan intimidasi terhadap kandidat.

Kemarin U Ohn Kyaing, juru bicara ketua partai NLD dan pemenang tidak resmi di Maharaungmyae mengatakan bahwa “sekitar 1.000 orang tidak bisa memberikan hak suara mereka karena ID mereka yang salah.”

U Chit Myo, ketua KPU lokal, mengatakan kepada  ucanews.com bahwa beberapa pemilih tidak dapat memberikan hak suara mereka karena kesalahan administrasi.

Sumber: Suu Kyi camp claims near clean sweep

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi