UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Imigran gelap banjiri Indonesia

Juli 9, 2012

Imigran gelap banjiri Indonesia

 

Eksternal Relation UNHCR Indonesia Mitra Salima Suryono memaparkan data jumlah imigran gelap yang berada di Indonesia terus meningkat dan kini telah mencapai 5.732 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 4.552 adalah pengungsi dan pencari suaka. Kemudian sebanyak 20 persen di antaranya kini tersebar di 13 rumah detensi (rundenim) di Indonesia.

“Jumlah total imigran gelap sebanyak 5.732. Dari tahun ke tahun, jumlah imigran gelap yang masuk ke Indonesia cenderung meningkat. Tapi, jumlah itu masih tetap yang terkecil di antara negara-negara Asia,” kata Mitra di Kuta, Bali, belum lama ini seperti dilansir metrotvnews.com.

Jika mengacu pada data, tahun 2008 imigran gelap yang datang ke Indonesia hanya 389 orang saja. Satu tahun kemudian, tepatnya tahun 2009, jumlahnya melonjak drastis menjadi 3.230 orang atau naik lebih dari 800 persen.

Setelah itu tahun 2010, jumlah imigran gelap kembali naik meski tak signifikan menjadi 3.905 orang. Dan tahun 2011 jumlahnya kembali naik drastis sebanyak 4.052 orang.

Sedangkan pencari suaka terbesar ditempati Afghanistan yang berjumlah 59 persen, disusul Iran 9 persen, Pakistan 6 persen, sisanya Irak, Myanmar, Sri Lanka, dan Somalia.

Mitra memastikan sudah tak ada lagi warga negara Timor Leste yang menjadi pengungsi di Indonesia. Sebabnya, antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste telah menyelesaikan persoalan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi