UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Dialog Muslim-Katolik tingkatkan kualitas iman

Juli 16, 2012

Dialog Muslim-Katolik tingkatkan kualitas iman

 

Dialog tahunan ke-13 diantara Muslim-Katolik Pantai Barat, Amerika Serikat meningkatkan kualitas iman para penganut Islam dan Katolik dalam pertemuan belum lama ini di Orange, California.

Imam Taha Hassane, direktur Islamic Center San Diego, menjelaskan enam prinsip iman umat Islam dan mengatakan masing-masing prinsip harus dipahami dengan benar dan perlu diterapkan dalam kehidupan konkret.

Imam Hassane menekankan bahwa iman tanpa praktek dinilai lemah dalam Islam, dan Islam menekankan komitmen pribadi untuk mewujudkan iman dengan tindakan yang benar.

Mgr Dennis Mikulanis, vikaris Ekumene dan Hubungan Antaragama Keuskupan San Diego, mengatakan bahwa penganut Katolik juga membutuhkan penyerahan diri total kepada kehendak Tuhan yang disampaikan melalui Yesus. Tapi, mentaati perintah Allah perlu lebih banyak melakukan perbuatan baik, katanya.

“Untuk menjadi murid Yesus tidak cukup dengan hanya mematuhi perintah tetapi mengubah hidup seseorang kepada Tuhan dan mewartakan Kabar Baik,” kata Mgr Mikulanis seperti dilansir Catholic News Service.

Dialog itu, diketuai oleh pensiunan uskup Mgr Carlos A. Sevilla dari Yakima, Washington, dan Imam Muzammil H. Siddiqi dari Islamic Society of Orange County, juga termasuk studi tentang teks-teks suci setiap agama dalam hubungan dengan nabi (Islam) Hud dan nabi (Katolik) Habbakuk.

Imam Siddiqi mengatakan Hud, yang hidup pada milenium ketiga SM, mengingatkan umat Ad di Arab Saudi bagian selatan meninggalkan keturunan mereka akibat kehidupan yang tidak bermoral.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi