UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Konferensi Waligereja Brasil kecam sampul majalah ‘Yesus’

Oktober 1, 2012

Konferensi Waligereja Brasil kecam sampul majalah ‘Yesus’

 

Sebuah petisi online diluncurkan Konferensi Waligereja Brasil (CNBB) untuk memprotes majalah Placer yang membuat sampul dengan gambar Neymar (striker Santos) dalam pose meniru Yesus Kristus disalib.

Menurut CNBB, sampul majalah tersebut mengandung penghinaan terhadap sosok Yesus.

“Konferensi Waligereja Brasil menyatakan bahwa montase foto di majalah olahraga itu terasa menyakitkan. Sebab, citra Yesus Kristus diganti dengan seorang pemain bola,” demikian surat itu seperti dilansir kompas.com.

“Kami menghargai kebebasan berbicara sebagai sebuah prinsip fundamental negara kita dan bagus untuk demokrasi. Namun, ada batas untuk hal-hal semacam ini. Memarodikan keyakinan dan menunjukkan penghinaan terhadap perasaan keagamaan orang dengan menggunakan gambar Yesus secara tak hormat merupakan manipulasi apalagi penggunaan sumber editorial untuk kepentingan komersial,” lanjut surat itu.

“Majalah itu telah menunjukkan dirinya bersikap insentif terhadap konteks terkini tentang kekerasan tercela yang disebabkan oleh penggunaan gambar religius yang tak pantas. Dan, dengan itu, majalah telah membuat kontribusi buruk terhadap konsolidasi toleransi di antara perbedaan keyakinan.”

“Montase foto menggunakan gambaran Yesus secara eksplisit, meski direktur membantahnya. Ini sangat jelas tak menghormati dan melukai citra paling suci umat Kristen dengan cara yang memprihatinkan, mencari perhatian dengan cara provokasi,” lanjutnya.

Placar yang menjadi salah satu media olahraga paling sukses di Brasil sejak 1970, menggunakan gambar itu sebagai metafora untuk mengangkat kritik yang terus ditujukan kepada Neymar karena terlalu sering melakukan diving.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi