UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Unika Atma Jaya desak Presiden bela KPK

Oktober 9, 2012

Unika Atma Jaya desak Presiden bela KPK

 

Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya menyatakan memberi dukungan moral pada upaya pemberantasan korupsi dengan salah satunya mendesak Presiden Republik Indonesia membela Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Meminta presiden baik sebagai Kepala Negara maupun sebagai kepala pemerintahan secara tegas menyatakan posisinya untuk membela KPK,” kata Rektor Universitas Katolik Atma Jaya, Lenny Pandjaitan saat membacakan pernyataan sikap kampusnya, di Jakarta kemarin.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Atma Jaya, Prasetyantoko, Presiden seharusnya menyatakan dukungan eksplisit terhadap perseteruan Polisi dan KPK.

Dia menganggap keadaan pemberantasan korupsi sudah begitu genting, terlebih lagi setelah upaya jemput paksa penyidik KPK oleh polisi Jumat malam pekan lalu.

Selain mendesak Presiden RI, Universitas Atmajaya juga menyatakan akan mendukung KPK dalam mendapatkan legitimasi legal secara penuh dalam memberantas korupsi.

Mereka juga menolak pelemahan KPK, serta mengajak seluruh elemen masyarakat sipil khususya kampus-kampus lain untuk ikut menyatakan dukungannya.

“Kita ingin berantas korupsinya, bukan institusinya,” kata Prasetyantoko.

Pernyataan sikap universitas ini langsung diserahkan kepada KPK kemarin. Selain Atma Jaya, dukungan serupa juga dikemukakan beberapa kampus di Indonesia, salah satunya Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Sementara itu secara terpisah Ketua Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Andreas Anangguru Yewangoe menyatakan, Gereja mendukung semua pihak yang bernazar dan bekerja menumpas korupsi di Tanah Air.

Perbuatan korupsi merampas hak hidup masyarakat miskin yang semestinya diberdayakan. Dalam konteks itu, ia mengingatkan misi gereja membela yang lemah dan tertindas,” kata Yewangoe ketika memberi materi dalam Kongres Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia ke-33 di Manado, Selasa (9/10/2012).

“Hari ini kami mendukung KPK dalam pemberantasan korupsi. Kami juga mendukung Kejaksaan dan Polri apabila mereka membenahi diri dan serius menumpas korupsi. Korupsi sudah akut,” katanya.

Ia berharap setiap pekerjaan baik memberantas kejahatan hendaknya mendapat dukungan seluruh rakyat Indonesia tak terkecuali jemaat Gereja yang bernaung di bawah PGI.

Sumber: antara, kompas, atmajaya.ac.id

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi