UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Dari sinode: Gereja perlu hidupkan paroki sebagai agen evangelisasi baru

Oktober 17, 2012

Dari sinode:  Gereja perlu hidupkan paroki sebagai agen evangelisasi baru

 

Liturgi-liturgi khidmat dan meriah di gereja-gereja Katolik Afrika adalah sebuah model bagi komunitas Katolik lainnya yang berupaya untuk memperkuat paroki-paroki mereka dan merangkul kembali umat Katolik yang tidak aktif dalam kegiatan Gereja, kata Uskup Emmanuel Badejo dari Oyo, Nigeria, dalam Sinode Para Uskup di Vatikan.

Perayaan Ekaristi dan sakramen lainnya harus menjadi “momen yang lebih mujarab yang berdampak pada iman,” kata Uskup Badejo dalam sinode itu pada 15 Oktober.

Uskup Badejo adalah salah satu dari belasan anggota sinode yang berbicara tentang bagaimana menghidupkan paroki-paroki sebagai agen-agen utama evangelisasi baru.

“Hal ini dapat dilakukan jika kita terus-menerus memperbarui homiletik dan tata pelayanan sakramental dengan memasukan unsur-unsur seni, bahasa, idiom dan gambar yang dapat berkomunikasi dengan baik agar memiliki daya pikat dan lebih bermakna,” kata Uskup.

“Liturgi yang khidmat dan  multimedia yang meriah” ditemukan di banyak paroki Afrika, yang juga telah membantu orang fokus pada peran Roh Kudus, katanya, seraya menambahkan hal itu memberi mereka kekuatan untuk melawan “konsumerisme, materialisme, korupsi, dan relativisme.”

Uskup Badejo mengatakan para pemimpin Gereja perlu meninggalkan “katakombe dan kemampuan diri sendiri” dan pergi ke tempat-tempat dimana orang-orang menghabiskan waktu mereka, termasuk di “jalan-jalan, alun-alun kota, pasar, klub malam, mal, bahkan bar dan daerah kumuh.

Para imam dan uskup mungkin tidak mendapatkan tantangan di tempat-tempat ini, tetapi hanya kata atau sikap kita “bisa menjadi jawaban pertama mengarah orang kepada kehidupan beriman,” kata uskup itu.

Sumber: Catholic News Service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi