UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Ketua KWI: Masa depan Gereja ada di hati OMK

Oktober 24, 2012

Ketua KWI: Masa depan Gereja ada di hati OMK

 

Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Martinus Dogma Situmorang OFMCap menekankan bahwa  masa depan Gereja ada di hati orang muda Karolik (OMK).

“Tuhan memberikan banyak kepada-mu, memberikan diri-Nya, waktu, dan segalanya. Masa depan Gereja ada di hatimu,” kata Uskup Situmorang dalam homilinya pada Misa pembukaan Indonesian Youth Day (IYD) di Sanggau, Kalimantan Barat, 23 Oktober.

Prelatus itu mengatakan, “Tuhan memberi banyak, Tuhan mengharapkan banyak, Orang Muda Katolik harus merekat, merajut pekerjaan menjadi tajam. Tidak hanya diam dan membiarkan perpecahan serta perselisihan terus terjadi karena hal-hal sepele.”

Ia mengatakan, usia muda identik dengan mimpi. Mimpi itu sesuatu yang positif bila mimpi itu menjadi pribadi yang lebih baik untuk dirinya sendiri, Gereja dan masyarakat.

Orang Muda Katolik, lanjutnya, mengemban tugas membentuk umat yang utuh. Tuhan memberi banyak pada kalian, memberi kiprah yang membangun dan Tuhan mengharapkan banyak dari kalian.

Mengacu pada tema IYD 2012 “Berakar dan dibangun dalam Yesus Kristus, Berteguh dalam Iman” (Kol 2:7), uskup itu mengajak OMK untuk datang kepada Yesus.

“OMK nampak ceria, namun keceriaan itu menjadi tawar bila tanpa Yesus dan hal itu akan meletihkan dan melelahkan. Untuk itu datanglah kepada Yesus, tumbuh dan berakarlah,” kata uskup Padang tersebut.

Ia mengatakan, “Yesus tak minta disembah, dilayani oleh kita, tetapi Dialah yang melayani sebab Dialah jalan kebenaran dan hidup. Jika kita memberi banyak bukan untuk Dia melainkan untuk sesama.”

“Jangan menunggu, jangan seorang pun memandang engkau rendah dengan usia-mu yang masih muda. Yesus akan tetap memandang Anda dengan kasih,” tambahnya.

Pada Senin (22/10) diadakan malam kreasi budaya OMK yang diadakan di Gedung Balai Kenyalang, Sanggau, yang dimeriahkan dengan suguhan kreasi OMK, dimana OMK Regio Kapuas Hulu menampilkan tarian adat Dayak.

OMK Regio Melawi menampilkan tarian kreasi Dayak dan OMK Regio Sintang diwakili oleh Paroki Katedral dan Sei Durian, yang banyak menarik perhatian peserta karena menampilkan beberapa budaya yang ada di Indonesia.

Tidak ketinggalan, OMK keuskukan agung Jakarta dengan pakaian betawi dan keuskupan agung Semarang dengan belangkonnya. Begitu pula dengan OMK dari keuskupan-keuskupan lain juga menampilkan budaya mereka.

Sumber: Pesan Ketua KWI untuk Orang Muda Katolik

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi