UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pemimpin Gereja diminta menerima pria Kristen berpoligami

Nopember 8, 2012

Pemimpin Gereja diminta menerima pria Kristen berpoligami

 

Para pendeta dan imam telah mendesak para pemimpin mereka untuk mempertimbangkan secara matang, dengan bersikap longgar terhadap pria Kristen berpoligami, atau berisiko penurunan jumlah anggota Gereja.

Desakan ini muncul hanya dua tahun setelah para pemimpin Gereja diminta untuk menerima pria Kristen berpoligami.

Meskipun dalam Kristen mempromosikan perkawinan hanya satu istri seumur hidup, namun dampak yang berat tinggal di tengah masyarakat Muslim di mana keluarga-keluarga minoritas agama menjadi korban, kata mereka. Muslim di Pakistan diperbolehkan menikah hingga empat istri.

Mereka menyuarakan keprihatinan mereka pada sebuah seminar baru-baru ini bertemakan “Keluarga Kristen,” yang diselenggarakan bersama oleh Institut Teologi untuk Kaum Awam dan Gereja Presbyterian.

Tidak ada angka resmi yang menjelaskan berapa banyak pria Protestan dan Katolik  memiliki lebih dari satu istri. Sumber Gereja Katolik mengatakan ada lebih dari 50 kasus tersebut di 12 paroki dari keuskupan agung Lahore.

“Beberapa menikah dua kali demi keturunan, mereka yang miskin tetap lebih dari satu istri untuk membantu keuangan. Namun, sebagian besar poligami kaya hanya melakukannya untuk kesenangan,” kata Pastor Emmanuel Yousaf Mani, direktur Komisi Keadilan dan Perdamaian Konferensi Waligereja Pakistan.

“Kami membaptis anak-anak mereka, tetapi Komuni Kudus tidak diberikan kepada pasangan tersebut.”

Tapi, Liaqat Qaiser, kepala sekolah Full Gospel Assembly Bible College di Lahore, mengatakan: “Mereka hanyalah korban. Meskipun mereka tidak boleh menjadi pemimpin Gereja, kami harus mendorong mereka untuk terus menghadiri pelayanan di gereja. Ekskomunikasi bukanlah solusi.”

Pastor Morris Jalal, yang telah menyelenggarakan program pesekutuan keluarga selama puluhan tahun di keuskupan agung Lahore, juga menyerukan pendekatan yang lebih lunak.

“Kami harus memperluas pelayanan pastoral kepada keluarga-keluarga yang telah jatuh. Gereja-gereja di Barat kosong karena sikap mereka terkait poligami, berdasarkan hukum kanonik. Hal yang sama bisa terjadi di sini jika kami tidak memperhatikan dengan penuh belas kasih,” katanya.

Sumber: Call to accept Christian polygamists

7 responses to “Pemimpin Gereja diminta menerima pria Kristen berpoligami”

  1. Elyas Joseph says:

    Dibanding Poligami, lebih masuk akal jika para pemimpin gereja memberi peluang luas bagi perceraian. Karena 7 dari 10 perceraian di Indonesia bersumber dari poligami dan selingkuh.

  2. Bing says:

    karena penurunan jumlah anggota Gereja mengapa harus bersikap longgar terhadap pria Kristen berpoligami,

  3. stefanus malelak says:

    Para gembala Tuhan, jangalah kalian mencoba merubah ataupun melonggarkan apa yang sudah ditetapkan Tuhan Yesus sebagai Hukum Tuhan. Poligami bukanlah rencana dan kehendak Tuhan; Tuhan pasti punya alasan.Poligami tidaklah indah di mata-NYA. Tuhan Yesus berkata kpd Katya Rivas thn 1996: “Akan lebih baik kehilangan segalanya daripada melupakan satu Kehendak-Ku.” Janganlah demi material kalian merubah Hukum Tuhan. Janganlah kalian ikuti selera orang2 dlm jalan gelap yang hanya mengikuti napsu birahinya sampai2 mereka masuk liang lahat.

  4. stefanus malelak says:

    Pak Joseph, Tuhan Yesus berkata di Injil bhw krn kekerasan kepala bangsa Israel, sehingga Moses menyuruh mereka mendapatkan surat cerai, tetapi pada awalnya Hukum itu tidaklah begitu.. Poligami tidak indah di mata Tuhan dan manusia. Pikirkan saja. Siapa yang mau adik atau kakak perempuannya dijadikan isteri kedua, ketiga, keempat atau kesepuluh orang seorang lelaki? Orang tua manakah yang lebih suka anak perempuannya dijadikan isteri kedua oleh seorang lelaki? Ini tidaklah enak dan indah, dan rencana Tuhan selalu indah…..

  5. stefanus malelak says:

    Tuhan Yesus telah datang dgn Pesan2-Nya yang luarbiasa kpd Indonesia melalui Dwi seorang wanita Muslim di Indo sejak 2007. Tiga kesaksian berupa dialog tersedia di jalanallah.com, dan tidak ada penerbit yang berani menerbitkannya. barangsiapa tertarik baca pesan2 yg belum ditulis akhir jaman yang belum ditulis oleh siapapun ini, beritahu aku…..

  6. art says:

    gereja seharusnya pantang melegalkan pelanggaran untuk alasan jumlah…membandingkan
    eropa yang jemaatnya berkurang sangat tidak tepat. TUHAN berkenan
    kepada siapa Dia berkenan bukan kepada siapa ‘penghitung jumlah jemaat’
    berkenan.

  7. Daynum says:

    Berdasarkan fakta hasil survey, penyebab terbanyak no 1 kasus perceraian adalah bukan karena poligami, sedangkan hanya secuil perceraian yg disebabkan oleh poligami

    Dan bedakan antara poligami dan selingkuh karena dua hal tsb adalah sangat berbeda!!

    Di barat terutama eropa ga ada poligami, tapi orang cerai banyak sekali. Hehehehehe situ belum pernah lihat bule kawin cerai 20x sih heheheheh

    Untuk kasus diatas, ya klo keputusan gereja bisa nerima poligami ya syukur, klo ga bisa ya pindah saja ke agama lain yg bisa, toh juga tujuannya sama2 beriman kepada tuhan dan toh juga semua agama mengajarkan kebaikan dan tidak ada yg melarang tuh pindah agama

    Hehehe dan info baru, berdasarkan hasil keputusan para rabbi, kini para rabbi yahudi di israel sudah mengizinkan poligami dan berlaku untuk semua kalangan bahkan rabbi yahudi di israel pun punya lebih dari satu istri

    Atau kalau mau tetap kristen tapi tetap boleh berpoligami, pindah saja ke agama kristen mormon fundamentalist atau join ke website http://www.christianpolygamy.com atau join di twitter http://www.christianpolygamyontwitter.com

    Beres deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi