UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Kualitas guru Indonesia masih rendah

Nopember 15, 2012

Kualitas guru Indonesia masih rendah

 

Tenaga pengajar atau guru di Indonesia tidak menerapkan sistem pengajaran yang ideal di dalam kelas. Program sertifikasi guru juga dinilai tidak mampu meningkatkan kualitas guru.

Guru besar bidang Pendidikan dari Universitas Andalas Fasli Jalal mengungkapkan sesuai hasil video survei Bank Dunia, kualitas guru-guru Indonesia saat ini masih rendah. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas masih jauh dari konsep ideal.

“Ternyata sertifikasi tidak mengubah kualitas guru. Peningkatan kualifikasi akademik tersebut tidak mengubah kualitas kegiatan mengajar di dalam kelas,” tuturnya di sela acara World Innovation Summit for Education (WISE) 2012, di Qatar National Convention Center, Doha, Qatar, Kamis (15/11).

Fasli bekerja sama dengan Bank Dunia dalam melakukan video survei tentang kegiatan belajar mengajar pada 2011 di sejumlah negara seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Jepang, dan lainnya. Rencananya, hasil survei tersebut akan dipublikasikan pada 1-2 bulan mendatang.

Berdasarkan hasil survei tersebut, kata Fasli, terdapat beberapa kelemahan guru dalam KBM.

Pertama, guru terlalu banyak membuang-buang waktu. Misalnya dalam satu jam pelajaran, guru kita menghabiskan 11% untuk hal-hal yang tidak berguna dengan mata pelajaran seperti pengumuman dan lainnya.

Sedangkan di negara-negara lain, hanya 1% dan pengumuman tersebut berkaitan dengan manajemen dari mata pelajaran tersebut.

Kedua, guru-guru memberikan tingkat kesulitan soal terbilang rendah atau lower package order. Mereka tidak mendorong pars muridnya untuk lebih maju lagi. Akibatnya cara pemikiran para pelajar tertinggal.

“Hanya 10% guru yang memberikan soal bagi murid dengan jawaban lebih dari satu. Murid didengar bagaimana dia memandang soal tersebut. Di negara lain, sampai 76% dari soal-soal memungkinkan murid jawab persoalan lebih dari satu jawaban,” sebutnya.

Ketiga, guru yang tidak memberikan pelajaran berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sementara di Amerika Serikat, guru menjabarkan materi pendidikan dengan kehidupan sehari-hari sampai 3 kali lipat dan Jepang 5 kali lipat.

“Saya lihat penguasaan terhadap materi dan pelaksanaan pembelajaran dengan pedagogi juga lemah,” tuturnya. “Hasil survei ini rupanya masih sama dengan hasil survei serupa yang dilakukan pada tahun 2007.”

Program sertifikasi guru diterapkan di tanah air sejak 2009. Program yang bertujuan peningkatan kualitas tenaga pengajar itu diimplementasikan melalui Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 mengenai jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Menurut Fasli, tidak berdampaknya program sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas guru karena tidak adanya monitoring atau pemantauan di lapangan.

“Program sertifikasi guru ini kan masih bersifat sertifikatnya saja, masih terbatas ijazah. Tapi bagaimana dia melakukan tidak dideteksi, tidak ada program memperbaiki,” jelasnya.

Pemerintah, ujar dia, seharusnya menerapkan program monitoring seperti training meet bagi guru-guru. Dia menjelaskan, saat ini ada uji kompetensi itu. Melalui uji kompetensi tersebut, semua profil guru tercatat baik kelebihan maupun kelemahan mereka.

“Sehingga dalam trainer meet, kita akan latih kelemahannya apa yang menjadi kekurangannya. Jadi tidak belajar bersama lagi. Ini evaluasi juga, managing plan, bagaimana memperkenalkan teknologi, dan lainnya,” tuturnya.

Selain itu, para guru juga diberi program peningkatan kompetensinya tiap tahunnya. “Akan tetapi, program tersebut dipantau oleh Kepala sekolah, guru sendiri harus menunjukkan bahwa dia telah memenuhi kompetensi tersebut, dan dibantu oleh kakadin ppmp dan program p4 TK,” ujarnya, seperti dilansir mediaindonesia.com.

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi