UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Fakultas Teologi cari siswa Cina daratan

Desember 5, 2012

Fakultas Teologi cari siswa Cina daratan

 

Fakultas Teologi St. Robertus Bellarminus Fu Jen di sebelah utara Taiwan berharap akan menerima lebih banyak klerus dan biarawati dari Cina daratan untuk belajar teologi tahun depan.

Lebih dari 100 mahasiswa Cina daratan sedang belajar di fakultas teologi sejak sekolah itu menerima mahasiswa Cina daratan tiga tahun lalu, demikian Pastor Louis Gendron SJ, yang menjadi dekan fakultas itu pada September.

“Kami menerima sedikit para imam berusia 40-an tahun, sebagian besar adalah Religius pria dan wanita berusia 20-an dan 30-an tahun, dan mereka bersikap baik selama ini,” kata mantan provinsial Yesuit Cina itu.

Meskipun rencana perluasan tersebut, Pastor Gendron belum bisa menggambarkan berapa banyak siswa akan terdaftar, seraya mencontohkan daftar tersebut harus disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri.

Tahun lalu, fakultas itu mendaftar sekitar 40 mahasiswa baru.

“Para siswa Cina daratan memiliki saluran yang berbeda dalam membuat lamaran mereka. Ada yang membuat lamaran melalui Kementerian Pendidikan karena fakultas itu dikelola langsung di bawah Vatikan,” katanya.

Diakui oleh Kongregasi Pendidikan Katolik Vatikan, program teologi penuh waktu tiga tahun juga memiliki kelompok pertamanya dari Cina daratan yang akan menyelesaikan studi mereka tahun depan.

Pastor Gendron mengharapkan pendaftaran mahasiswa baru dari daratan bisa direalisasikan dalam satu atau dua kali setahun karena fakultas itu sudah siap.

Imam itu mengatakan, jumlah mahasiswa Taiwan relatif lebih sedikit, yang kebanyakan adalah biarawati dan orang awam karena panggilan baik Kongregasi Religius pria atau wanita di sini telah berkurang secara signifikan dalam tahun-tahun belakangan ini, dan jumlah umat Katolik di pulau itu adalah kecil.

Beberapa imam di daratan menyambut baik berita tersebut.

“Dibandingkan dengan Hong Kong, Filipina atau negara-negara Barat, belajar di Taiwan memiliki keuntungan karena bahasa Mandarin sebagai sarana untuk mengajar. Itu berarti kita tidak harus berjuang untuk belajar bahasa baru,” kata seorang imam, yang meminta namanya tidak boleh ditulis.

Fakultas Teologi telah menjadi sebuah institusi independen setelah memisahkan diri dari Universitas Katolik Fu Jen enam bulan lalu menyusul pemerintah Taiwan dan Vatikan menandatangani kesepakatan tahun lalu.

Sumber: Theology school seeks mainland students

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi