UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pesan Twitter pertama Paus Benediktus

Desember 13, 2012

Pesan Twitter pertama Paus Benediktus

 

Paus Benediktus XVI sudah mengirim pesan Twitter pertama yang ditunggu-tunggu dari akun pribadinya. Dalam foto yang disebarkan oleh Vatikan, Paus terlihat sedang menekan sebuah tombol dalam komputer tablet iPad.

“Kawan-kawan terkasih, saya senang bisa berkomunikasi dengan Anda melalui Twitter. Terima kasih atas tanggapan Anda yang baik. Saya memberkati Anda semua dari lubuk hati saya,” begitulah pesan pertamanya.

Seorang juru bicara Vatikan sebelumnya mengatakan Paus akan menyampaikan pesan melalui akun Twitter dalam delapan bahasa. Akun Paus Benediktus yang berbahasa Inggris sudah memiliki lebih dari 700.000 pengikut dan masih bertambah dengan cepat. Sejauh ini akun @pontifex yang berarti Paus atau ‘pembangun jembatan’ sebatas mengikuti para pengikutnya saja.

Pembukaan akun pribadi Paus ini sudah diumumkan pada pekan pertama Desember.

Setelah pesan pembukaan yang dikirim pada Rabu (12/12) tersebut, Paus Benediktus mengirim dua pesan lanjutan.

Kedua pesan itu berkaitan dengan promosi dari Tahun Iman, sebuah prakarsa yang baru diluncurkan untuk meningkatkan kembali semangat Katolik.

“Bagaimana kita merayakan Tahun Iman dengan lebih baik dalam kehidupan sehari-hari?” tanya Paus. Dia pun menjawab, “Dengan berbicara kepada Yesus dalam doa, mendengarkan yang disampaikan-Nya dalam firman dan mencari-Nya bagi yang membutuhkan.”

Tahun lalu, Paus mengirim pesan Twitter dengan menggunakan akun Vatikan untuk meluncurkan situs internet tentang berita-berita Kepausan.

Pesan-pesan Paus di Twitter diperkirakan mengangkat pesan-pesan mingguannya kepada khayalak umum, pemberkatan hari Minggu, khotbahnya dalam hari raya Kristen dan reaksi atas peristiwa-peristiwa penting dunia.

Sebagian besar pesan Twitter Paus akan berisi inti misa mingguan dan pesan-pesan khusus menyangkut peristiwa besar dunia, termasuk bencana alam.

Vatikan mengatakan, Paus akan menggunakan format tanya jawab dalam sesi pertama Twitter-nya dengan jawaban terkait agama, maksimal 140 karakter.

Gereja Katolik telah menggunakan beberapa media sosial untuk berkomunikasi dengan umat, terutama orang muda, termasuk melalui SMS dan YouTube.

Sumber: bbc.co.uk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi