UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Mogok makan, belasan petani jatuh pingsan

Desember 20, 2012

Mogok makan, belasan petani jatuh pingsan

 

Dua belasĀ  petani yang melakukan aksi mogok makan kolaps dan dilarikan ke rumah sakit kemarin. Mereka mengeluh bahwa mereka merasa lemah dan mengalami kesulitan bernapas.

Para petani itu termasuk di antara 56 petani tak bertanah yang memulai mogok makan di Manila, Senin.

Kelompok ini berasal dari provinsi Negros, provinsi Batangas dan provinsi Bukidnon, telah berencana melakukan aksi mogok makan di markas Departemen Reformasi Agraria untuk menuntut segera pembagian tanah.

Para pemogok makan yang lain masih melanjutkan puasa kemarin, dan rela “mati” di depan gedung reformasi agraria itu, memblokir lalu lintas di daerah tersebut.

Seorang juru bicara mengatakan mereka akan tetap berkomitmen untuk mogok makan mereka sambil menunggu Presiden Benigno Aquino untuk bertemu dengan mereka. Namun, pihak istana presiden tetap bersikap diam terkait masalah ini.

Para petani melakukan protes menuntut segera pembagian lahan 17.160 hektar yang telah dijanjikan kepada mereka di bawah program reformasi agraria pemerintah, dan pemecatan terhadap Sekretaris Reformasi Agraria Virgilio Delos Reyes.

Para petani mengklaim bahwa Delos Reyes telah mengurangi target distribusi tahun ini dari 260.000 hektar menjadi 180.000. Hingga kini baru 49.349 hektar lahan telah dibagikan pada 13 Desember.

Di Negros Occidental saja, hanya 1.784 hektar telah dibagikan kepada para petani dari target pemerintah sebanyak 54.172 hektar.

Sumber: Hunger strike farmers collapse

One response to “Mogok makan, belasan petani jatuh pingsan”

  1. Anonymous says:

    Kita di Indonesia, petani kita kadang2 juga bermasalah … di Filipina, sampai mogok makan dan ditampung uskup… Tetap itu masalah.. Kita harus melihat pak tani sebagai orang rajin, menanam padi dan sayur – makanan bagi kita, sehingga kita kenyang.. Mengapa di Filipina tidak diperhatikan kebutuhan dasar – minta tanah kok tidak digubris? Janganlah petani kita di Indonesia terabaikan… mereka sudah cukup susah, jangan ditambah-susahkan ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi