UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pekan Doa dorong orang muda denominasi Gereja berbagi pengalaman iman

Januari 21, 2013

Pekan Doa dorong orang muda denominasi Gereja berbagi pengalaman iman

 

Persekutuan semua umat beriman adalah prinsip utama gerakan ekumenis di Hong Kong, dan sekelompok orang muda dari berbagai denominasi Gereja berkumpul baru-baru ini untuk berbagi pengalaman iman mereka dalam acara itu.

Gereja-gereja lokal mengadakan pertemuan rutin untuk memupuk keharmonisan antaragama dan interdenominasi, dan lebih dari 30 orang muda Kristen yang berkumpul pada 11-13 Januari menjelang Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristen mengungkapkan rasa  solidaritas mereka.

Retret ini diselenggarakan oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Hong Kong dan memberikan kesempatan bagi kaum muda dari berbagai denominasi seperti Anglikan, Pentakosta, Katolik dan lainnya berbagi pengalaman iman mereka.

Pastor Paul Kam, penyelenggara retret kaum muda itu, mengatakan acara itu menawarkan kesempatan langka bagi orang muda Kristen untuk berinteraksi secara efektif tentang hal-hal yang menyatukan mereka bersama-sama secara rohani.

“Ini mungkin pertama kalinya orang-orang muda memiliki kesempatan untuk bersantai bersama-sama dan berbagi pengalaman mereka dalam suasana informal dan sehari-hari,” katanya.

Aggie Ng, seorang Katolik yang menghadiri acara itu, mengatakan pertemuan itu mengingatkannya akan ajaran Yesus tentang mengasihi semua orang. “Sangat penting bagi kami menghormati para pengikut Kristus lainnya dari denominasi yang berbeda.

“Meskipun berbeda, kita harus fokus pada kesamaan kita yakni keyakinan kita akan Allah yang satu,” katanya.

Para peserta juga mengunjungi penjara dan rumah misionaris di selatan Hong Kong, dan juga membuat perjalanan ke biara Katolik tertua dan sekolah Anglikan berusia 110-tahun dalam upaya untuk memahami kontribusi sejarah kekristenan kepada masyarakat.

Irene Leong, dari Gereja Roh Kudus Anglikan, membantu memimpin retret kepada orang muda, mengatakan dia menekankan kepada orang-orang Kristen muda mengapa persatuan penting untuk ditumbuhkan di kalangan denominasi berbeda.

“Gereja adalah Tubuh Kristus,” katanya, “Untuk mengubah perpecahan antara Gereja-gereja adalah menyembuhkan tubuh Kristus yang terluka.”

Pastor Anglikan Samson Fan mengutip sebuah pepatah Cina. “Laut menampung semua air dari sungai di Bumi,” katanya, seraya mendorong peserta menjadi lebih terbuka dan toleran. Pekan Doa untuk Persatuan Kristen tahun ini, yang berlangsung dari 18-25 Januari memilih tema, “Apa yang Allah tuntut dari kita?” Berdasarkan pembacaan Kitab Mikha Pasal 6.

Sumber: Young Christians of different faiths learn tolerance and brotherhood

One response to “Pekan Doa dorong orang muda denominasi Gereja berbagi pengalaman iman”

  1. franstantri dharma says:

    Ekumene okay, dengan tetap berpegang pada doktrin ‘di luar Gereja Katolik tidak ada keselamatan.’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi