UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pemkot Blitar akan jatuhkan sanksi terhadap SMA Katolik

Januari 24, 2013

Pemkot Blitar akan  jatuhkan sanksi terhadap SMA Katolik

 

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Blitar, Jawa Timur, meminta SMA Katolik Diponegoro menyediakan guru pendidikan agama Islam untuk siswa/i yang beragama Islam.

Rekomendasi penjatuhan sanksi terhadap sekolah ini pun akan segera disampaikan kepada Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar dalam waktu dekat.

“Sebab hingga batas waktu yang ditentukan, pihak sekolah belum bersedia membuat pernyataan kesediaan menyediakan guru untuk agama Islam,” ujar Kepala Kemenag Imam Mukhlis, Rabu (23/1), seperti dilansir sindonews.com.

Sebagaimana diketahui, SMA Katolik Diponegoro merupakan satu dari enam sekolah Katolik yang diancam akan ditutup oleh Pemkot Blitar.

Alasan rencana tindakan dari pihak berotoritas itu adalah karena pihak sekolah dianggap melanggar Surat Keputusan Nomor 8 Tahun 2012 yang isinya adalah mewajibkan setiap anak didik yang beragama Islam harus bisa membaca Alquran.

Yayasan Katolik Yohanes Gabriel (YKYG) dan Yayasan Freindaments selaku pemilik SMA Katolik Diponegoro membantah telah melakukan pelanggaran aturan.

Mereka beralasan tidak memberikan surat pernyataan kesanggupan menyediakan guru agama Islam adalah karena pihak mereka masih harus berkoordinasi dengan pengurus yayasan pusat.

“Kita tetap meminta rekomendasi dulu dari pusat,” ujar Sumardiono, Ketua YKYG.

Selain itu, sambung Sumardiono, SMA Katolik Diponegoro tidak memiliki guru untuk pendidikan agama di luar agama Katolik.

 

2 responses to “Pemkot Blitar akan jatuhkan sanksi terhadap SMA Katolik”

  1. purnamasidi says:

    murid yg beragama islam dan bersekolah di sekolah katolik dipersilahkan saja pindah ke sekolah lain spt sekolah negeri. sekolah katolik harus tegas atas soal agama menghadapi teror dari penguasa setempat.

  2. MatheusGiovanni says:

    maaf,menurut pandangan saya yg patut dipertanyakan kesediaan yang dulu pernah ditanyakan kepada calon murid u/bersekolah di sklh katolik. Secara prosedur si calon pasti sudah membaca visi-misi sekolah tersebut. Jika tertulis u/ mengembangkan iman kristiani yang benar, maka ia sudah tau bahwa sekolah itu tdk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi