UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Longsor di Sumatera menewaskan 16 orang

Januari 28, 2013

Longsor di Sumatera menewaskan 16 orang

 

Pemerintah melaporkan, bencana longsor akibat hujan deras yang terjadi di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat selama akhir pekan menyebabkan 16 tewas.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga hari ini sebanyak 11 orang ditemukan meninggal dunia setelah longsor menimbun 15 rumah di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Selain korban tewas, tim juga menemukan 6 orang luka-luka dan dan sampai saat ini masih terdapat 10 orang yang masih dicari dan diperkirkan tertimbun longsor.

“Aparat TNI dan POLRI telah dikerahkan untuk mengevakuasi bersama-sama dengan masyarakat/relawan dan BPBD Kabupaten Agam, Basarnas dengan menggunakan peralatan seadanya. Akses menuju lokasi medannya cukup berat”, kata Nugroho seperti dilansir dalam situs resmi BNPB.

Hujan di daerah Agam, menurutnya, juga menyebabkan banjir yang merusak sejumlah infrastruktur.

“Banjir memutuskan jembatan sehingga sekitar 30 kepala keluarga atau sekitar 52 jiwa terisolir.”

Bambang Warsito, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam mengatakan, hari mereka telah mengerahkan alat berat untuk mencari korban yang masih hilang.

Menurut Bambang, kendala utama pencarian korban yakni lokasi bencana yang berbukit-bukit sehingga menyulitkan tim evakuasi untuk menembus lokasi menggunakan alat berat.

Bambang menambahkan saat ini warga korban longsor membutuhkan obat-obatan, makanan serta pakaian. Korban juga memerlukan bantuan pemulihan serta rumah untuk tempat tinggal pascabencana nanti.

Selain itu, di tempat terpisah, hujan deras yang terjadi pada Sabtu sore telah menyebabkan longsor di Desa Lempur Tengah Kecamatan Gunung Raya Kabuparen Kerinci Provinsi Jambi pada pukul 19.30 WIB. Korban meninggal berjumlah 5 orang. Di samping itu, terdapat 2 korban yang menderita luka berat dan 2 luka ringan.

Nugroho mengatakan, korban yang tewas merupakan pekerja pengeboran eksplorasi panas bumi yang dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy di Kabupaten Kerinci, Jambi.

“Korban tewas akibat longsor di lokasi pertambangan tersebut”, jelas Nugroho.

Bencana banjir dan longsor telah terjadi beberapa kali di sejumlah wilayah Indonesia dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Pekan lalu hujan deras yang terjadi di Jakarta telah mengakibatkan korban jiwa setidaknya 20 orang.

Sementara di Bogor, Jawa Barat, longsor pada 15 Januari lalu menyebabkan 6 orang tewas, 3 rumah, 1 masjid dan 1 warung hancur.

Ryan Dagur, Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi