UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Konferensi Waligereja Filipina: Kami tidak akan dukung salah satu kandidat

Januari 29, 2013

Konferensi Waligereja Filipina: Kami tidak akan dukung salah satu kandidat

Uskup Agung Jose Palma

 

Konferensi Waligereja Filipina mengatakan mereka tidak akan mendukung calon-calon untuk pemilu jangka menengah pada Mei ini, termasuk mereka yang bergabung dengan para uskup dalam menentang RUU Kesehatan Reproduksi (RUU RH) kontroversial.

Pernyataan ini dikeluarkan menyusul acara makan siang pada Minggu dengan para anggota parlemen anti RUU RH, yang diselenggarakan oleh konferensi waligereja itu di Pusat Katolik Paus Pius XII di Manila, di mana para pemimpin Gereja saat ini mengadakan sidang pleno tahunan mereka.

Monsignor Joselito Asis, sekjen Konferensi Waligereja Filipina, mengatakan pada Senin bahwa acara ini tidak harus dilihat sebagai dukungan para uskup kepada setiap kandidat pemilu.

“[Pertemuan itu] hanya menunjukkan penghargaan kami kepada para legislator,” katanya dalam sebuah wawancara.

“Kami mengadakan acara makan siang ini karena kami mengapresiasi atas apa yang telah mereka lakukan,” tambah Uskup Agung Jose Palma dari Cebu, ketua presidium Konferensi Waligereja Filipina.

Dia mengatakan para anggota parlemen anti RUU RH yang memilih menentang pengesahan RUU tersebut menjadi undang-undang bulan lalu karena termotivasi oleh “cinta mereka terhadap negara dan nilai-nilai berarti bagi mereka.”

Namun, Uskup Agung Palma juga menekankan bahwa para uskup tidak mendukung calon manapun pada Mei ini.

Dia mengatakan peran para uskup hanya untuk memberikan pedoman kepada umat beriman terkait kandidat yang mereka harus pilih.

“Kami tidak memiliki partisan apapun,” katanya. “Kami tidak mengatakan kepada seluruh dunia bagaimana memilih kandidat yang adalah orang-orang yang tepat untuk dipilih.”

Dia menambahkan, “Kami percaya dengan kemandirian rakyat untuk memilih, dan kami juga percaya bahwa mereka mengetahui benar tentang para calon.”

Sumber: Bishops say they have no election favorites

 

One response to “Konferensi Waligereja Filipina: Kami tidak akan dukung salah satu kandidat”

  1. Bernardus Wato Ole says:

    Sudah tepat itu, Sikap Gereja Katolik harus netral dan tidak memberikan dukungan kepada siapapun. Namiun di sisi lain, Gereja tetap bertanggung jawab mendampingi para politisi Katolik agar menggunakan hati nurani yakni berpolitik sesuai moral dan etika Katolik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi