UCAN Indonesia Catholic Church News

Lewat Facebook, seorang pemuda Katolik bantu bangun puluhan gereja

30/01/2013

Lewat Facebook, seorang pemuda Katolik bantu bangun puluhan gereja thumbnail

 

Dua tahun lalu, ketika memulai mencari dana lewat Facebook (FB) untuk pembangunan gereja di daerah pelosok yang umatnya miskin, Albertus Gregory tak pernah berpikir, langkahnya itu bakal mampu menjadikan puluhan gereja sebagai tempat berdoa yang nyaman dan layak bagi ribuan umat Katolik.

Kini, pemuda berusia 22 tahun kelahiran Jakarta ini merasa bersyukur karena 21 gereja telah berhasil ia bantu lewat akun Facebook Gereja Katolik (FBGK) yang memiliki lebih dari 200.000 fans, tempat ia selalu mem-posting informasi tentang pembangunan gereja yang mengalami kekurangan dana.

Lebih dari 2.000 orang menjadi donatur dan dana yang berhasil ia kumpul sudah mencapai lebih dari 2,5 miliar rupiah.

“Saya menganggap ini bukan keberhasilan saya, tapi menjadi mungkin karena Tuhan  yang menggerakkan banyak orang untuk menyisihkan sebagian dari uang mereka”, kata lulusan Administrasi Publik Universitas Indonesia ini saat berbincang dengan ucanews.com belum lama ini di Jakarta.

Greg (sapaannya), yang mulai menggagas ide ini sejak awal tahun 2011 mengaku,  niatnya muncul setelah pada Oktober 2010, bersama seorang diakon Fransiskan Kapusin (OFMCap), ia mengunjungi sebuah gereja  sederhana di Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.  Gereja itu beralaskan lantai, berdinding papan dan tidak beratap yang dipakai oleh 200-an umat untuk beribadah.

“Kami ke sana menempuh perjalanan 4 jam dengan sepeda motor. Pas lihat gereja itu, saya langsung shock, kok ada gereja seperti itu. Bentuknya mirip kandang hewan, tapi umat berdoa di situ”, kata pemuda keturunan Tionghoa ini.

Pengalaman itu baginya menyisahkan tantangan. “Ketika pulang ke Jakarta, saya terus bertanya, apa yang bisa saya lakukan untuk membantu umat Katolik di pelosok yang berdoa di gereja demikian?”.

Ia memikirkan berbagai cara, salah satunya, apakah mungkin akun FBGK  yang biasa mem-posting informasi-informasi kekatolikan dimanfaatkan untuk meneruskan ide tersebut. Kebetulan, ia sudah bergabung dalam akun itu dan diundang menjadi salah satu adminnya sejak Desember 2010. Ia lantas membicarakannya dengan teman-teman admin yang berjumlah 13 orang. Namun, saat itu, idenya tidak mendapat sambutan positif.

“Ada yang berpikir, nanti mekanismenya bagaimana, rentan terhadap penipuan, dan sebagainya. Tapi, niat saya tidak kendur. Saya tunggu waktu yang tepat untuk melontarkan lagi ide ini”, ungkapnya.

Jalan untuk mewujudkan niat luhurnya itu muncul ketika pada Februari 2011, Pastor Antonius Manik OCarm, seorang imam di Dairi, Sumatera Utara menghubunginya untuk meminta bantuan mencari dana pembangunan gereja.

“Saat itu, saya memutuskan untuk langsung mem-posting isi permintaan itu di FBGK, tanpa mendiskusikan terlebih dahulu dengan teman-teman”.

Ia mengaku kaget, ternyata banyak respon positif. “Banyak yang berniat membantu. Melihat hal ini, teman-teman sesama admin tidak komplain. Dalam waktu dua bulan, dana yang terkumpul mencapai 270 juta rupiah”.

Melihat keberhasilan itu, Greg terus berpikir bagaimana mengoptimalkan FBGK, seiring dengan makin banyaknya gereja yang mengirim proposal. Untuk 6 gereja awal, sistemnya, ia hanya mem-posting informasi di FBGK dan bagi yang ingin menyumbang, uangnya langsung ditransfer ke rekening milik panitia pembangunan gereja bersangkutan. Setelah itu pihak gereja mengirim laporan yang kemudian di-posting di FBGK oleh Greg.

Namun, menurutnya, dalam perjalanan waktu muncul sejumlah persoalan. Sebagian donatur mengatakan, mereka sudah menyumbang tapi namanya tidak tercatat dalam laporan keuangan.

“Karena kasus-kasus demikian, saya memutuskan untuk menggunakan rekening milik saya.  Setelah dana terkumpul baru saya teruskan ke gereja. Tugas saya pun makin berat karena mesti selalu membuat laporan setiap kali ada uang yang masuk ke rekening. Bagaimanapun juga donatur ingin tahu apakah uang mereka benar-benar digunakan untuk membangun atau tidak. Pada awalnya banyak yang tak percaya. Saya berusaha meyakinkan mereka dengan menjunjung tinggi kejujuran. Sekarang tak masalah, mereka percaya,” katanya.

Karena itulah, setiap hari saat pulang kerja, biasanya lewat dari pukul 20.00 WIB ia mem-posting laporan dana yang masuk hingga bukti-bukti transfer ke rekening gereja yang dibantu.

Ia juga memanfaatkan situs www.peduligerejakatolik.org dan Blackberry miliknya untuk menyebarkan informasi terbaru soal perkembangan dana yang terkumpul.

Raquel Eugina, salah seorang donator di Surabaya, Jawa Timur yang sejak awal selalu ikut menyumbang mengatakan, ia percaya sepenuhnya pada apa yang dilakukan oleh Greg.

“Saya tidak ragu sama sekali dengan dia (Greg)”, katanya. “Saya ingin agar rumah Tuhan lebih layak karena Tuhan sendiri berdiam di sana. Juga, supaya umat bisa beribadah dengan lebih nyaman”, jelas perempuan 32 tahun ini ketika ditanya alasannya menjadi salah satu donator.  Ia menambahkan, “Ada sukacita yang besar yang tidak bisa dibeli, yaitu saat memberi”.

Donatur datang dari berbagai latar belakang. “Bukan hanya orang kaya. Bahkan, yang membuat saya terharu ada seorang janda yang hanya hidup dari dana pensiunannnya sendiri dan suaminya, namun ia masih menyisihkan sebagian pendapatanya itu”, kata Greg.

Ia menjelaskan, tidak semua gereja yang mengajukan proposal dibantu. “Kami memiliki syarat-syarat, yaitu gereja itu terletak di pelosok, di mana masyarakatnya miskin. Kami juga tidak membantu semua biaya, biasanya 10 persen dari dana yang mereka butuhkan. Namun, kalau umatnya sama sekali tidak mampu, biasanya kami mengambil kebijakan kusus, membantu lebih dari itu”, jelasnya.

Selain itu, kata Greg, sebelum membantu, ia membuat perjanjian dengan pihak gereja agar yang akan membangun gereja adalah umat sendiri, bukan memakai jasa kontraktor.

Saat ini, ia sedang membantu renovasi Gereja Paroki Lahurus, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), salah satu gereja tua di Pulau Timor yang dibangun sejak tahun 1930.

Pastor Paroki Lahurus Romo Kristo Oki mengatakan, mereka masih membutuhkan dana 1, 2 Miliar. Rencananya, gereja ini harus selesai pada November 2013.

“Kondisi umat di sini tidak memungkinkan untuk mengumpulkan dana sebanyak itu. Kalau mengandalkan kemampuan mereka yang umumnya merupakan petani sederhana, maka pembangunan  gereja ini akan selesai pada 7 atau 10 tahun ke depan”, katanya.

Menurut Pastor Kristo, umat sudah diminta untuk menyumbang 200 ribu per kepala keluarga yang jumlahnya 1400. “Namun, sampai sekarang belum semua terkumpul, baru 300 juta, meski proses pengumpulan sudah dimulai 2010. Kami tidak bisa memaksa, karena pertimbangan kondisi umat”, katanya.

Setelah dua tahun berjalan, Greg memaknai usahanya sebagai bagian dari tanggung jawab iman.  “Kita semua umat Katolik, dimanapun, yang kaya dan yang miskin adalah sama di hadapan Allah”.

Ia mengaku semakin dikuatkan lewat perjumpaan langsung dengan umat Katolik di daerah pelosok, karena, setiap kali proses pembangunan sebuah gereja selesai, ia selalu menyempatkan diri untuk berkunjung.

“Saya tinggal bersama umat, menikmati hidup bersama mereka. Di sana saya merasakan kebahagiaan. Mereka menerima saya dengan senang itu. Mereka itu sederhana, ada yang makan sekali sehari, tapi mereka juga masih bisa bersenda gurau, tertawa. Pengalaman-pengalaman itu menguatkan saya”.

Greg pun mengakui, kini ia mengalami pembalikkan cara berikir.  “Dahulu saya berpikir, bahagia itu identik dengan memiliki segala-galanya, tapi sekarang saya menyadari itu bukan yang utama, tapi bagaimana memberi hidup bagi orang lain,” jelasnya.

Ia mengaku, sama sekali tidak merasa rugi karena banyaknya waktu yang ia berikan, juga pulsa yang selalu ia pakai untuk menghubungi para donatur.

“Lewat FB, Tuhan pun bekerja, menjadikan sesuatu yang maya menjadi nyata. Ini panggilan Tuhan untuk saya”, kata pria asal Paroki Katedral Jakarta ini.

Ryan Dagur, Jakarta

33 Comments on "Lewat Facebook, seorang pemuda Katolik bantu bangun puluhan gereja"

  1. Yonar Trisna on Wed, 30th Jan 2013 5:10 pm 

    Wah keren mas Greg, sangat menginspirasi. Semoga Tuhan membalas perbuatan baik Anda. Amin!!

  2. Cosmos Yamin on Wed, 30th Jan 2013 6:34 pm 

    Tuhan sertamu selalu Greg atas ketulusanmu dalam membantu pembangunan Gereja Katolik dimana saja. Amin.

  3. Ltumuka on Wed, 30th Jan 2013 11:28 pm 

    anak mudah Katolik yang hebat.., salut yang greg..

  4. rizky putra on Thu, 31st Jan 2013 6:27 am 

    ini jauh lebih berarti daripada website yg hanya berkoar2 soal dogma!

  5. Delima Simbolon on Thu, 31st Jan 2013 7:09 am 

    Trima Kasih Tuhan…
    Trima Kasih mas Greg…
    Smg Tuhan sll memberkati dlm pelayananmu yg mulia ini.
    GBU.

  6. M. V. Repi on Thu, 31st Jan 2013 7:33 am 

    Tuhan sertamu Greg…

  7. evy s on Thu, 31st Jan 2013 11:32 am 

    Waduh senang dengarnya ada anak Tuhan ygn sungguh peduli kepd gereja2 terutama di pedalaman yg [perlu bantuan terutama dana semoga Greg juga bisa menjangkau gereja2 di pedalaman Papua yg sekarang sdg membutukan dana…..GBU selamat melayani.

  8. Petrus Samosir on Thu, 31st Jan 2013 12:04 pm 

    saya teringat kata-kata bung Karno:” Berikan kepadaku 1000 orang tua, aku sanggup mencabut Semeru dari uratnya. Tapi, berikan kepadaku 10 pemuda maka aku sanggup mengguncangkan dunia.”

    Coba ya kalau ada 5 orang seprti lae Greg ini, wah para koruptor bisa bertobat sekurang-kurangnya menangis setelah membaca berita ini hehe… mantap laeku dukung terus, cari terus agen-agennya lae seperti agen-agen asuransi itu lho biar beranak-pinak, menjadi agen Tuhan untuk Gereja, karena asuransi TUHAN lebih terjamin sampai selamanya hehe..

  9. Ryan Dagur on Thu, 31st Jan 2013 2:10 pm 

    salut!!!

  10. Stefanus Keban on Fri, 1st Feb 2013 7:12 am 

    Syukur dan puji bagi Tuhan atas atas kuasa-Nya melalui tangan-tangan kejujuran dan penuh cinta memberi dan mengorban pelayanan dengan tulus kepada sesama saudara yang merindukan Rumah Bapa di tengah mereka. Proficiat. Tuhan besertamu.

  11. Afin Afinus on Tue, 5th Feb 2013 11:35 pm 

    Syukur kepada Allah. Lanjutkan Greg

  12. RechabAr On-Line on Tue, 12th Feb 2013 5:16 pm 

    Hebat,

  13. Charles on Fri, 15th Feb 2013 9:11 pm 

    salut mas Greg,,,

  14. budi on Tue, 19th Feb 2013 10:44 am 

    Profisiat mas Greg, Tuhan Yesus memberkati usaha kalian dan teman-teman untuk peduli terhadap Gereja di daerah miskin dan terpencil. Salut dan Salam Damai Tuhan Memberkati.

  15. Stefanus Keban on Wed, 27th Feb 2013 5:40 am 

    proficiat mas Greg. Mas bisa beri jalan juga kepada saya karena sy juga lagi membangun 2 gereja stasi dn lingkungan yg terpencil. Terimakasih atas bantuan mas Greg.

  16. ira on Thu, 28th Feb 2013 1:23 pm 

    awalnya ragu,, tp ttp percaya.. niat baik pasti akan di jlnkan dgn baik..

    lanjut kan teman… smg smua umat bsa mendapat t4 yg layak untuk berdoa… GBU

  17. Yap Thian Soei on Mon, 4th Mar 2013 7:28 am 

    zhuhe deh, ad maiorem dei gloriam!!

  18. Bernabas Irijanto on Sat, 16th Mar 2013 9:26 pm 

    Salut dan Ngeri Mas GREG…!!! Minta adviced kepada KWI, Ahli Hukum Penggalangan Dana Publik dan Akuntant Publik untuk mendukung upaya ini tetap berjalan sesuai dengan kaidah kaidah Publik Mas bro…!!! Rekening Pribadi yang dilalui Aliran Dana Ratusan Juta sampai akumulasi Milliyaran Rupiah, tentu di dukung oleh aktifitas Pribadi itu sendiri. Semoga bermanfaat. Amin.

  19. Alex Makai on Wed, 27th Jul 2016 10:51 pm 

    meminta batuan dana pembangunan gedung gereja.

  20. Ely Jatmiko on Sun, 31st Jul 2016 5:42 pm 

    Mas GREG.Kami dariKabupaten Mesuji Provinsi Lampung Mohon bantuan untuk pembangunan Gereja kami.081379232507.Tuhan memberkati

  21. ersiani lado on Sun, 7th Aug 2016 6:00 pm 

    puji Tuhan salut dgn apa yg Tuhan perbuat lwt dirimu Greg., aku juga ingin seperti mu krn gereja kami pun mengalami hambtan dlm pembngunan krn tdk ada nya dana sedangkan koseng sdh di pasang bahkan sudah mulai rusak krn hujan dan panas.

  22. Agustinus Dwikurnia R on Wed, 2nd Nov 2016 10:53 am 

    Dear Mas Albertus Gregory,

    Saya ingin berpartisipasi didalam kegiatan indah anda bersama Tuhan dan sesama khususnya umat Katolik dalam bentuk sumbangan dana berupa uang tunai ke Gereja di pelosok2 daerah yang membutuhkan dana.
    Saya tidak punya akun FB, bagaimana cara saya bisa transfer uang langsung ke rekening anda?
    Terima kasih, Berkah Dalem.

  23. Petrus Ngongo Bulu on Sat, 5th Nov 2016 11:54 am 

    Mas Gre…saya petrus dr daerah pulau sumba-NTT..memohon bantuan mas utk mencarikan donatur utk pembangunan Aula Gereja Yang ada di pelosok…terima kasih mas..Tuhan memberkati…mas bisa kontak saya lewat nomor ini; 081392429652

  24. Albertus Nirwanto on Sat, 12th Nov 2016 12:57 pm 

    Saudara/i bisa kunjungi website http://www.peduligerejakatolik.org utk informasi yg lebih lengkap.

    Terima kasih

  25. laura salmon on Wed, 16th Nov 2016 9:56 am 

    Panti Asuhan Puteri Evangeline Booth
    Jalan Samanhudi No. 27 Medan
    Telpon : 0823 6590 1688

    Medan, 31 Oktober 2016
    Kepada Yth.
    Pimpinan
    PT. ANUGERAH MEGA MAKMUR ABADI
    Di Tempat

    Salam Sejahtera,

    Betapa bahagianya kita yang diberi kesempatan untuk membahagiakan orang lain dimasa raya Natal tahun ini. Oleh sebab itu perkenankanlah kami melalui surat ini memohon bantuan dana Bapak, Ibu dan Saudara-saudari Para Dermawan, Simpatisan & Sahabat agar kita bersama dapat membahagiakan orang lain dimasa raya Natal 2016 ini.

    Bila Tuhan berkenan, seperti tahun-tahun lalu, pada tahun ini lagi, dengan dibantu oleh tenaga-tenaga pengasuh Panti Asuhan, kami kembali bermaksud memberikan bingkisan Natal kepada anak-anak yang kami asuh yang berjumlah 51 orang anak, melalui bantuan Bapak, Ibu dan saudara-saudari.

    Adapun anggaran yang kami butuhkan :
    ANGGARAN NATAL TAHUN 2016
    PANTI ASUHAN PUTERI “EVANGELINE BOOTH”
    JL.SAMANHUDI NO.27 MEDAN

    A. Pembelian Hadiah Natal :
    a. Hadiah untuk 51 anak @ Rp. 300.000,- Rp. 15.300.000,-
    ( Baju Natal dan Sepatu )
    b. Hadiah untuk Pengasuh 10 Orang @ Rp. 500.000,- Rp. 5.000.000,- +
    • TOTAL A Rp. 20.300.000,-

    B. Acara Natal :
    a. Natal Keluarga Besar Panti Asuhan Rp. 15.000.000,-
    b. Dokumentasi Rp. 1.500.000,- +
    • TOTAL B Rp. 16.500.000,-

    Ø TOTAL A + B Rp. 36.800.000,-

    Mendahului kemurahan Bapak, ibu dan saudara-saudari. Para Dermawan, Simpatisan & Sahabat, kami pengurus beserta anak-anak Panti Asuhan Putri Evangeline Booth mengucapkan banyak terima kasih.
    Kiranya Tuhan memberkati Bapak, Ibu dan Saudara-Saudari semua.

    Salam Dan Doa kami

    P.S : Sumbangan Bapak, Ibu dan Saudara-saudari ditahun-tahun yang lalu sangat berarti bagi anak-anak asuhan kami, tolong bantu mereka lagi ditahun ini. Terima kasih.

    “Berilah dan kamu akan diberi…….” Lukas 6:38a

    Dengan senang hati kami ingin menyampaikan sumbangan Natal 2016 sebesar :

    Berupa Uang tunai : Rp._______________________________

    Secara tunai / Transfer ke Bank BNI Cab. Pemuda Medan
    a.n. Laura Aprilliane Salmon (Bendahara) No. Rek. 0449372843

  26. aswankodina on Mon, 21st Nov 2016 10:53 am 

    PERSEKUTUAN REMAJA JEMAAT ELIM PETRA PAMONA
    GEREJA KRISTEN SULAWESI TENGAH (GKST)

    No : 02/PRJ-EPP/2016
    Lampiran : –
    Hal : Permohonan Dukungan Dana

    Kepada
    Yth Bapak/Ibu/Saudar(i)
    Di_
    Tempat.
    Syalom!
    Semoga kasih Tuhan Yesus senantiasa melingkupi kehidupan kita disepanjang aktivitas dan pelayanan kita masing-masing.
    Pada bulan Desember tahun 2016 persekutuan remaja jemaat akan mengikuti beberapa lomba dalam rangka memeriakan Natal dan Tahun Baru.
    Untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini, besar harapan kami kiranya bapak/ibu/sdr(i) untuk membantu kami dalam upaya penggalangan dana untuk mengikuti kegiatan yang di maksud. Bagi bapak/ibu/saudara(i) yang akan membantu, kami menyiapkan rekening BRI a.n Aswan Kodina 520001017308535.

    Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas dukungannya kami mengucapkan terima kasih. Kiranya kasih persaudaraan dalam tubuh Tuhan Yesus akan semakin mengikat kebersamaan diantara kita semua. Semoga Tuhan Yesus Sang Putra Natal memberkati pelayanan kita. Teriring salam Damai dan Do’a untuk kita samua.
    Tentena, November 2016
    Persekutuan Remaja Jemaat
    Elim Petra Pamona

    Koordinator Remaja & Sekolah Minggu Pembina Remaja

    Diaken A. Ramimpi-Babu Aswan Kodina, S.Pd

    Mengetahui,
    Majelis Jemaat Elim Petra Pamona

    Pdt. Wolce Mota’a, S.Th
    Ketua

    Catatan:
    Bagi bapak/ibu/saudara(i) yang telah mengirim ke rekening mohon di infokan kepada kami melalui sms atau Telepon Hp 085341024190.

  27. nehemia tumanggor on Sat, 7th Jan 2017 2:45 pm 

    mas gre,bs kah membantu kami unt perobatan istri.setelah cek lab ada gangguan ginjal dan menurut dr harus komsumsi obat dosis tinggiyg harganya cukup mahal buat kami.dr katakan setelah ada perubahan tdk perlu cuci darah.dari pdt nehemia tumanggor.gbu

  28. Daniel Malonda on Fri, 27th Jan 2017 11:58 am 

    Mas bisa bantu kami ga buat pelayanan pekerjaan Tuhan di kalimantan?

  29. Pdt.feberius zega on Tue, 28th Feb 2017 8:06 pm 

    Sy/istri/dan kedua anak sy, pelayan di kaltim pedalaman… kami saat ini pelayanan sistem oikumene.. jemaatnya dari berbagai denominasi greja, di dalamnya termasuk umat katolik khususnya dari NTT. Pelayanan kami berbentuk persekutuan oikumene.saat ini kami membutuhkan musik kayboard dan sound system. Kemudian, selama ini kami pelayanan dgn menggunakan kendaraan motor,dgn perjalanan 2-3 jam. Kami naik motor 4 0rang hanya satu motor (sy,istri sy dan 2 anak yg masih umur di bawah 5 tahun. Tetapi kurang lebih 2 minggu yg lalu motor yg biasa kami pakai pelayanan di curi orang pd malam hari, kami sdh melapir ke polisi namu belum dapat sampai saat ini.sekarang pergumulan kami adalah spy kami dapat motor untuk pelayanan. Kami juga minta tolong bantuan doa dari teman2 seiman untuk mendoakan kami, spy kami di kuatkan Tuhan dan kami mendapat kendaraan kembali. Amin.tq. Tuhan Yesus Berkati. Bila ada yg mau membantu kami bisa hubungi kami di no 085250827574.i

  30. ellis haryaryi on Thu, 11th May 2017 4:34 am 

    Mas tolong bantu saya mohon maaf sebelumnya saya berani dan lancang untuk meminta tolong ke mas karena saya sangat membutuh kan bantuan sekali.saya membutuh kan uang yg jumlahnya sangat banyak untuk keperluan yg tak mungkin saya bicarakan disini saya sangat tidak tenang dengan masalah saya ini srkirsnya mas sudi bantu saya ke no rekening ini ellis haryati 366901017570532 hanya Allah yang bisa membalas ke baikan mas kelak amin…

  31. kasihani halawa on Thu, 18th May 2017 9:38 am 

    Mas saya mohon bantuannya, nama saya kasihani halawa butuh dana buat berobat (operasi) karena sesuatu penyakit, saya butuh biaya sebesar 15.000.000 jt, saya mohon bantuannya mas, terimakasih atas bantuannya rekening saya :0239361716 an. Kasihani halawa.

  32. juanda sitohang on Tue, 23rd May 2017 12:03 pm 

    informasi ini sangat penting buat saya, mohon bantuannya bagaimana saya bisa melampirkan data, dan syarat untuk mendapatkan dana untuk gereja dan kalau bisa modal usaha untuk jemaat kami,
    ini alamat email saya
    jsitohang.js@gmail.com

    saat ini kami harus melunasi tanah untuk pembangunan gereja kami, sebesar
    Rp.240.000.000, dan kami masih mencicilnya,
    kalau berkenan, saya juga melampirkan nomor rek bank saya,

    bank BRI cabang Denpasar
    0572-01-015418-50-2,
    trimakasih, Salam.

  33. Marus Utomo on Mon, 7th Aug 2017 7:15 pm 

    PEMBINAAN KEROHANIAN PEDESAAN
    GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA
    AGAPE IMMANUEL MAWAR SARON
    DEPARTEMEN AGAMA RI NO 30 TAHUN 1988 TANGGAL 3 FEBRUARI 1988
    ( BESLIT PEMERINTAH NO 33.33 TGL,4-6-1937 NO.368 KETERANGAN RI NO E/156/929/73 )
    Alamat:Jl.Syalendra Raya.1.Jligudan desa Borobudur Magelang,56553,Hp.081903858169
    ___________________________________________________________________________________________________________
    Nomor : 01/S/G/TIB/2017 Borobudur,5 Agustus 2017
    Lamp : 2
    Hal : PEMBUATAN TEMPAT IBADAH
    TRADISIONAL DARI “ BAMBU”
    BAGI UMAT TUHAN DESA BOROBUDUR
    __________________________________________
    Kepada Yth
    Bapak/ibu/Saudara/Saudari
    di tempat
    _____________________________________

    Dengan hormat

    Salam sejahtera dalam kasih Kristus doa dan harapan kami kepada Tuhan pada saat ini bpk/ibu/
    Sdr, dalam keadaan yang sehat –sehat selalu.

    Bapak/ibu/Sdr yang sangat kami hormati tentu tahu canati Borobudur tempat wiasata yang sang
    at dan banyak di kunjungi oleh wisata dalam dan luar negeri , dan candi ini di kelilingi puluhan de
    sa desa dan juga sawah dan lading yang menghijau serta pegungan Menoreh,pokoknya sangat
    indah yang belum berkunjung silahkan datang dengan keluarga atau rombongan ke candi Boro
    budur. Dan di samping itu juga ada wisata lain ,desa Wisata yang isinya : ada kuliner khas desa
    berbagai macan krajinan, dari bamboo,batu,kayu, dan cara menanam padi,dan juga ada uci nyali
    yaitu Arum Jeram, bagi bapak/ibu/sdr yang ingin menanamkan modal atau Invetasinya sangatlah
    di tunggu oleh home Industri kecil,guna memacu dan menggiatkan usaha mereka,inilah sedikit
    cerita mengenai desa desa kami yang berada di kecamatan Borobudur.
    Dan kami sebagai umat Kristen sangat hormonis berdampingan dengan agama agama dan keper
    cayaan lain yang ada di desa Borobudur,tetapi saying hingga saat ini kami belum mempunyai
    tempat ibadah yang permanen, dan rencana umat Tuhan yang ada di desa Borobudur ingin mem
    bangun tempat ibadah dalam bentuk Tradisional dari “BAMBU”,guna melestarikan rumah pedesaan
    tetapi umat Tuhan dari desa Borobudur mereka warga yang kurang mampu karena hanya sebagai
    pemulung,tukang becak,tukang ojek,dan buruh kasar,maka dari itu kami mohon uluran tangan dan
    PEMBERIAN KASIHNYA dan dapat di kirim lewat kantor POS (Wesel Instan) atau ke Bank BCA no
    Rek.1040223068 , dan berapapun pemberian dari bapak/ibu/sdr sangatlah membantu umat Tuhan
    untuk menambah semangat dalam kegiatan kerohanian dari anak anak.remaja,pemuda,dewasa dan
    sehingga dapat meningkat kerohanian mereka. Dan doa kami kepada Tuhan kiranya keluarga dan
    pekerjaan atau usaha bpk/ibu/sdr selalu di lindungi dan di berkati Tuhan

    Dan kiranya hingga sampai di sini surat ini mohon maaf bila ada kata kata atau kalimat yang kurang
    berkenang di hati bpk/ibu/sdr semua

    Hormat kami

    ttd

    Pdt.Markus Utomo
    PEMBINA KEROHANIAN

    PEMBINAAN KEROHANIAN PEDESAAN
    GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA
    AGAPE IMMANUEL MAWAR SARON
    DEPARTEMEN AGAMA RI NO 30 TAHUN 1988 TANGGAL 3 FEBRUARI 1988
    ( BESLIT PEMERINTAH NO 33.33 TGL,4-6-1937 NO.368 KETERANGAN RI NO E/156/929/73 )
    Alamat:Jl.Syalendra Raya.1 Jligudan desa Borobudur Magelang,56553,Hp.081903858169
    ______________________________________________________________________________________________________
    ANGGARAN PEMBANGUNAN
    TEMPAT IBADAH UMAT TUHAN PEDESAAN
    BOROBUDUR
    _____________________________________________________________

    I . BAHAN BAHAN MATRIAL
    1 .Batu kali ;Rp.15.000.000
    2 .Batu bata :Rp.25.000.000
    3 .Pasir :Rp.15.000.000
    4 .Batu belah,kapur :Rp. 5000.000
    5 .Semen :Rp 30.000.000
    ________________________________________;Rp.90.000.000
    II .BAHAN BAHAN KAYU DAN BESI
    1 .Ayaman bambu :Rp. 30.000.000
    2 .Kusen pintu dan jendelan bambu :Rp 10.000.000
    3 .Kayu usuk dan reng bambu :Rp 6.0000.000
    4 .Bambu petung dan apus :Rp 15.000.000
    5 .Besi kuran,12,10.8mm :Rp 16.000.000
    6 .paku,engsel,cat,plitur :Rp 3.000.000
    7 ,Kaca :Rp 15.000.000
    8 ,Genting ;Rp 30.000.000
    10.Kramik ;Rp 30.000.000
    _________________________________________RP.165.000.000
    III,ONGKOS TUKANG
    1 .Tukang batu ;Rp 30 000,000
    2 ,Tukang kayu :Rp 15.000.000
    ________________________________________;Rp .45.000.000
    ________________________________________
    Jumlah——————————————————-Rp 300.000.000

    PEMBINAAN KEROHANIAN PEDESAAN
    GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA
    AGAPE IMMANUEL MAWAR SARON
    DEPARTEMEN AGAMA RI NO 30 TAHUN 1988 TANGGAL 3 FEBRUARI 1988
    ( BESLIT PEMERINTAH NO 33.33 TGL,4-6-1937 NO.368 KETERANGAN RI NO E/156/929/73)
    Alamat:Jl.Syalendra Raya.1.Jligudan desa Borobudur Magelang,56553,Hp.081903858169
    ______________________________________________________________________________________________________
    SUSUNAN PANITIA
    PEMBANGUNAN TEMPAT IBADAH PEDESAAN
    BOROBUDUR
    I . Penanggung jawab :Pdt.Markus Utomo
    2. Ketua :Ibu,Ester
    3. Bendahara :Sdri.Yohana Nonik.SU
    4. Sekretaris ;sdri.Lia
    5. Anggota Anggota :Bpk.Nehemia
    ;Bpk.Cornelius
    ;Bpk.David.L
    :Bpk.Stefanus
    ;Bpk.Ayub Bangun Sitepu
    :Bpk.Toni
    ;Bpk.Lazarus
    :Bpk.Suparjo
    : Bpk.Silitonga
    ;Ibu. Budi
    :Ibu ,Ani
    :Ibu. Amoi
    :Ibu. Diah
    ;ibu.Zilfa
    :Ibu.Rita
    :Ibu.Rini
    ————————————————–POTONG DI SINI—————————————————————————————————-
    FORMULIR DONATUR
    AGAPE IMMANUEL MAWAR SARON
    BOROBUDUR MAGELANG
    PEMBERIAN KASIH
    UNTUK PEMBANGUNAN TEMPAT IBADAH PEDESAAN
    BOROBUDUR MAGELANG

    1 . NAMA ;______________________________________________________________
    2 . ALAMAT :______________________________________________________________
    ______________________________________________________________
    3 , MEMBERI UNTUK BANGUNAN:______________(huruf_________________________________________)
    4 . NO TELP/HP :_______________________________________________________________
    5 . DI KIRIM LEWAT :_______________________________________________________________
    6 . PERMOHONAN DOA UNTUK:
    ________________________________________________________________
    ________________________________________________________________
    ________________________________________________________________

    ( TOLONG SETELAH DI ISI DI KIRIM KEMBALI KEALAMAT DIATAS DAN SMS KE PANITIA)




Jangan lewatkan
Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini
Invite a Friend
  1. Pastor China Dipenjara Kasus Pencurian, Umat Mengatakan Dia Dijebak
  2. Diduga Karena Tekanan, Pemerintah Menutup Sebuah Misi Katolik di India
  3. Gempa Meksiko Menewaskan 11 Orang Saat Acara Pembaptisan
  4. Renungan Hari Minggu XXV Tahun A – 24 Sept 2017
  5. Partai Khunto Mundur, Timor-Leste Dipimpin Koalisi Minoritas
  6. Mgr Adrianus Sunarko Ditahbiskan Uskup Pangkalpinang Akhir Pekan Ini
  7. Paus Ingatkan Uskup Jepang agar Tidak Melupakan Martir
  8. Tidak Diperhatikan, Milisi Ancam Tutup Perbatasan RI-Timor Leste
  9. Uskup Hong Kong Beberkan Cara Menghadapi China
  10. Pastor Salesian Ini Mengisahkan Penangkapan dan Pembebasannya
  1. Terima kasih atas masukannya Romo. Salam hangat...
    Said cnindonewsletter on 2017-09-18 16:37:16
  2. Koreksi: Sejak Oktober 2016, Superior Generale CDD bukan lagi R.P. Jhon Cia, ...
    Said Yustinus CDD on 2017-09-18 11:19:22
  3. Suster, perkenalkan saya Dame. Saya berumur 25 tahun dan saya sudah baptis katol...
    Said Parningotanna Dameria Siahaan on 2017-09-15 14:17:52
  4. kalau ada pohon yang tumbang sebab angin kencang, maka jangan salahkan angin yan...
    Said mursyid hasan on 2017-09-13 00:02:54
  5. Salam Kenal Sahabat seiman, Nama sy Antonius, tinggal di Jakarta Indonesia. Sy...
    Said Antonius on 2017-09-10 21:25:14
  6. Selamat siang Romo Indra Sanjaya. Di Wahyu 13:1 kitab deuterokanonik ada salah t...
    Said agus eko on 2017-09-10 14:04:11
  7. Infonya sangat bermanfaat. Semoga umat Katolik makin mencintai kitab suci.......
    Said Deo Reiki on 2017-09-07 08:31:09
  8. Selamat siang, Jika boleh saya meminta nomer telp ibu Angelic Dolly Pudjowati...
    Said Cornellia on 2017-09-04 15:26:00
  9. sejarah masa lalu, yang masih belum jelas keputusan dari Pemerintah, dan belum j...
    Said ANTONIUS NAIBAHO on 2017-09-02 17:16:52
  10. religius sendiri sangat erat kaitannya kepada seluruh kegiatan umat termasuk lin...
    Said ANTONIUS NAIBAHO on 2017-09-02 17:04:35
UCAN India Books Online