UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Dua mahasiswa Unika Atma Jaya harumkan nama Indonesia di tingkat dunia

Januari 31, 2013

Dua mahasiswa Unika Atma Jaya harumkan nama Indonesia  di tingkat dunia

 

Dua mahasiwa Unika Atma Jaya Jakarta kembali mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia dalam World Universities Debating Championship (WUDC) 2013.

Perlombaan debat kelas dunia ini berlangsung di Technische Universität, Berlin pada 27 Desember 2012 hingga 4 Januari 2013.

Tim debat dari Unika Atma Jaya terdiri dari Cindy Fransisca (mahasiswa Fakultas Ekonomi) dan Davin Susanto (mahasiswa Fakultas Hukum) yang merupakan anggota dari UKM ADC (Atma Jaya Debating Club).

Tim ini berhasil masuk dalam urutan ke-5 dengan skor 1.322 untuk kategori EFL (English as a Foreign Language).

WUDC 2013 merupakan lomba debat antar universitas tingkat dunia dan merupakan ajang paling bergengsi bagi debaters seluruh dunia.

WUDC 2013 ini merupakan pelaksanaan WUDC terbesar sepanjang sejarah karena diikuti oleh 82 negara dengan jumlah tim sebanyak 387 yang mewakili berbagai institusi perguruan tinggi.

Ada tiga kategori dalam WUDC, pertama adalah open break atau kategori untuk native speakers atau English as a Proficient Language. Kedua adalah ESL (English as a Second Language), dan ketiga adalah EFL (English as a Foreign Language).

WUDC terdiri atas dua babak yaitu babak penyisihan (preliminary rounds) dan babak final.

Di tengah cuaca ekstrem dan perbedaan waktu di antara Indonesia dan Jerman, tim debat berhasil membawa prestasi terbaik dengan duduk di peringkat ke-14.

Walau perjuangan mereka harus berhenti di babak perempat final setelah mengikuti 10 kali ronde debat, namun pihak DIKTI dan Atase Pendidikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Prof. Dr. Agus Rubiyanto menyampaikan apresiasinya kepada tim debat dari Unika Atma Jaya atas usaha dan kerja keras mereka.

Sumber: Mahasiswa Unika Atma Jaya harumkan nama Indonesia  di tingkat dunia

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi