UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Akibat tekanan politik, imam dituduh melakukan perkosaan

Pebruari 1, 2013

Akibat tekanan politik, imam dituduh melakukan perkosaan

 

Para pemimpin Katolik mempertanyakan penyelidikan terhadap seorang imam Salesian (SDB) yang dituduh menganiaya dan memperkosa seorang gadis kecil di Pune, India.

Pastor Igidius Falcao SDB, wakil kepala SMA Don Bosco di Pune, negara bagian Maharashtra, ditangkap pada 21 Januari setelah seorang siswa Katolik berusia 14 tahun mengadu bahwa imam itu telah menganiaya dirinya pada 2 Januari di kantornya.

Pastor Falcao, 61, dipindahkan dari tahanan polisi ke tahanan magisterial pada Senin, di mana ia akan tinggal di sana hingga 11 Februari, kata kuasa hukumnya.

Dia mengajukan banding pada Rabu, namun polisi berusaha memperpanjang penahanannya sambil menyelidiki posisi imam itu di Mumbai sebelumnya, demikian inspektur polisi Reshma Mulani.

“Kami merasa bahwa pasti ada tekanan politik untuk memojokkan imam itu,” kata Peter D’Cruz, wakil presiden Urusan Minoritas Departemen Partai Kongres di distrik Pune.

“Kami telah belajar bahwa seorang perwira polisi senior berada di bawah tekanan politik, dan kami mengamati polisi setempat menyelidiki kasus itu dengan menambahkan perkosaan, meskipun pengaduan siswi itu hanya penganiayaan,” katanya.

John Rock Paul, mantan konselor terpilih dari Korporsi Kotamadya Pune, mengatakan para aktivis pemuda Hindu menyerbu sekolah itu agar imam itu ditangkap, dan menuntut pemecatannya. Perkelahian pecah dengan para siswa di sekolah itu, dan polisi melakukan pelanggaran karena warga Hindu diizinkan masuk sementara orang Kristen dituduh menjadi pemicu kerusuhan.

“Secara mengejutkan, pemimpin [Hindu] pergi ke kantor polisi dan meminta anak buahnya dibebaskan malam itu, sementara para pemuda Kristen harus datang ke pengadilan pada hari-hari berikutnya dan menuntut jaminan sebelum mereka dibebaskan,” kata D’Cruz.

Dengan tangan diborgol, berkacamata, Pastor Falcao, yang mengenakan balaclava dan selendang, tampak tenang ketika ia dibawa ke pengadilan pada Senin, meskipun kuasa hukumnya mengatakan ia meminta kliennya pindah untuk perawatan medis, yang menderita diabetes kronis dan tekanan darah tinggi.

Pastor Savio Silvera, juru bicara provinsi Salesian, mengatakan tuduhan terhadap Pastor Falcao adalah cacat.

“Berdasarkan buku absensi sekolah, gadis itu tidak pernah datang ke sekolah pada hari insiden itu seperti yang dituduhkan,” kata Pastor Silvera.

Sumber: Catholics cry foul over rape allegation

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi