UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pejabat Cina-Vatikan menyesalkan pengunduran diri Paus Benediktus

Pebruari 14, 2013

Pejabat Cina-Vatikan menyesalkan pengunduran diri Paus Benediktus

 

Pejabat tinggi Cina-Vatikan pada Selasa menyatakan keterkejutan dan kesedihannya terkait pengunduran diri mendadak Paus Benediktus XVI, namun ia memuji “kerendahan hati” Paus itu.

“Berita ini di luar dugaan dan membuat saya terkejut,” tulis Uskup Agung Savio Hon Tai Fai, sekretaris Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa.

“Di satu sisi hati saya terasa berat,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita Fides. “Tapi, di sisi lain saya sepenuh hati menghormati Paus itu. Dia adalah gembala, ayah dan guru saya.”

Uskup Agung Hon diangkat oleh Paus Benediktus pada Desember 2010 untuk menangani kongregasi itu, guna menangani hubungan yang tegang Vatikan dengan Cina.

Selama delapan tahun kepausannya, Paus Benediktus berusaha keras untuk memperbaiki situasi Gereja Katolik di Cina.

Dia menulis surat tahun 2007 kepada umat Katolik Cina di mana ia menyerukan negara itu untuk mengakhiri pengontrolan terhadap Gereja selama beberapa dekade dan mengatasi pertentangan  antara umat Katolik Cina yakni di antara mereka yang setia kepada pemerintah dan mereka yang setia kepada Vatikan.

Meskipun, ada berbagai upaya dari Paus Benediktus, kemajuan melambat. Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan antara Beijing dan Roma menurun menyusul serentetan penahbisan uskup yang diangkat pemerintah meskipun ditentang Vatikan, serta pemecatan seorang uskup Shanghai yang telah mengumumkan bahwa ia ingin mengundurkan diri dari organisasi Gereja yang didukung pemerintah.

Pesan Uskup Agung Hon yang diakhiri dengan pujian atas pilihan yang tak terduga Paus Benediktus untuk mengundurkan diri.

“Dia telah melakukan segalanya demi kebaikan Gereja. Pengunduran dirinya bisa berarti ‘amin’ di hadapan Allah. Meskipun tubuhnya lemah akibat usia, tetapi ia tetap bersemangat. Kerendahan hati Paus itu telah memenangkan hati saya lagi!”

Sumber: Vatican’s top Chinese official laments resignation

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi