UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan: Konklaf mungkin dimajukan

Pebruari 18, 2013

Vatikan: Konklaf mungkin dimajukan

Asap putih sebagai tanda sudah terpilihnya Paus baru

 

Banyak orang, termasuk beberapa kardinal, telah menanyakan apakah perlu menunggu sampai tanggal 15 Maret untuk memulai konklaf  yang akan memilih pengganti Paus Benediktus XVI, juru bicara Vatikan pada Sabtu mengatakan tanggal tersebut adalah sebuah “pertanyaan terbuka.”

Konstitusi apostolik yang mengatur pemilihan Paus, Universi Dominici gregis, yang dikeluarkan oleh Paus Yohanes Paulus II  tahun 1996, menetapkan bahwa konklaf harus berlangsung antara 15 hingga 20 hari setelah sede vacante (kekosongan takhta Gerejawi).

Sejak Paus Benediktus mengumumkan pengunduran dirinya pekan lalu, dan secara resmi mulai pada 28 Februari,  berarti konklaf akan dimulai kapan saja di antara 15-20 Maret.

Dalam sesi sebelumnya dengan pers pekan ini, Juru Bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ telah menyatakan bahwa ketentuan peraturan ini tidak terbuka kemungkinan untuk direvisi.

Namun, pada pengarahan Sabtu, Pastor Lombardi mengakui bahwa masa penantian ini dibuat terkait wafatnya Paus, dan dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para kardinal untuk tiba di Roma.

Tahun 2005, 16 hari setelah Paus Yohanes Paulus II wafat dan dimulai konklaf yang memilih Paus Benediktus XVI.

Namun, dalam kondisi seperti ini, para kardinal tahu persis sede vacante itu, dan beberapa kardinal telah menyarankan bahwa tanggal konklaf bisa dimajukan.

Dalam pengarahan Sabtu, Pastor Lombardi mengatakan, “Pertanyaan ini muncul, dan saya tidak bisa mengabaikannya.” Dia berjanji untuk menginformasikan kepada pers segera setelah ada keputusan yang pasti.

Sebuah dugaan yang beredar adalah bahwa pihak berwenang yang menangani selama peralihan: Angelo Kardinal Sodano, yang menjabat sebagai Dekan Kolese Kardinal dan Tarcisio Kardinal Bertone sebagai Sekretaris Negara Vatikan dan Camerlengo, bisa mengusulkan tanggal dimulainya konklaf dan kemudian menetapkan pemilihan setelah semua kardinal berada di Roma pada hari pertama sede vacante, 1 Maret.

Sumber: Conclave date may be brought forward, says Vatican

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi