- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

CU sangat strategis membangun solidaritas masyarakat

 

Koperasi Kredit (CU, Credit Union) sangat strategis membangun rasa solidaritas di kalangan masyarakat.

CU di sepanjang perbatasan RI-Timor leste, misalnya, kini memiliki jumlah anggota sekitar 13.000 orang.

CU ini telah memiliki aset senilai  139 miliar rupiah, sebuah prestasi luar biasa. Namun, yang paling penting adalah membangun solidaritas di kalangan mereka, kata Pastor Pembantu Paroki Atapupu, perbatasan RI-Timor Leste, Romo Gregorius Giri  di Atambua, Minggu (24/2).

Ia mengatakan CU sangat strategis membangun ekonomi masyarakat perbatasan.

“CU ini menjadi penyangga ekonomi keluarga keluarga di perbatasan. Melalui CU banyak warga miskin di perbatasan bisa tertolong ekonomi rumah tangganya,” kata Romo Giri.

Sementara itu seperti dilaporkan sebelumnya CU “Sinar Saron” di Larantuka, Flores Timur, NTT memiliki aset senilai  lebih dari 38 miliar rupiah dengan anggota lebih dari 4.000. Sistem demokrasi, integritas, solidaritas dan religius dibudayakan dalam CU ini.

Penasihat CU Sinar Saron Larantuka Romo Frans Amanue di Larantuka, mengatakan, CU ini memiliki wilayah administrasi keanggotaan di dua kabupaten yakni Lembata dan Flores Timur.

“Kami selalu mengutamakan solidaritas, integritas, normatif, apresiatif dan religius dalam membangun CU ini. Meski demikian, masih ada sebagian anggota yang lalai menjalankan kewajiban, sebagaimana tercantum dalam target perhitungan hasil usaha yang hanya mencapai 42,52 persen saja,” kata Romo Amanue.

Pastor Paroki Lewotobi, Keuskupan Larantuka ini mengatakan, CU ini memiliki solidaritas tinggi terhadap anggota terkait kematian, sakit, kesulitan biaya ekonomi rumah tangga, dan kesulitan biaya pendidikan anak sekolah.

“Tahun 2011 Sinar Saron mengeluarkan dana antara  6.102.600-21.320.000 rupiah kepada ahli waris terkait kematian anggota atau kedukaan salah satu anggota. Jumlah uang ini tergantung lama masa keanggotaan yang bersangkutan,” kata Romo Amanue.

Aset CU Sinar Saron yang dibangun sejak 7 juli 2006 senilai  lebih dari 38 miliar rupiah. CU lebih berupaya membangun budaya menabung. Masing masing anggota menabung wajib  5.000 rupiah per bulan, dengan bunga pinjaman 5 persen,” katanya.