- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

Seorang uskup agung dan dua imam diberikan jaminan oleh pengadilan

 

Pengadilan mengatakan pada Kamis bahwa tiga pejabat Gereja, termasuk Uskup Agung Bhopal, India, yang dituduh mencoba meracuni seorang rekan imam, akan diselesaikan dengan membayar uang tebusan.

Terkait tuduhan itu hakim Sidang Sriram Sharma akan memberikan jaminan kepada Uskup Agung Leo Cornelio, Vikjennya Pastor Mathew VC dan Juru Bicara Keuskupan Agung Bhopal Pastor Jonhy PJ.

Kasus itu diajukan ke pengadilan pertama kali pada 7 Februari oleh Pastor Anand Muttungal, mantan juru bicara keuskupan agung itu, yang menyatakan bahwa ketiga pejabat itu bersekongkol menggunakan obat-obatan untuk membuatnya secara mental tidak seimbang.

Sebelumnya Pastor Muttungal telah mengklaim bahwa persekongkolan itu terjadi dalam menanggapi tuduhan salah urus keuangan yang melibatkan uskup agung itu dan lain-lain di keuskupan agung itu.

Uskup Agung Cornelio dan dua imam itu membantah semua tuduhan itu. Pengadilan menjadwalkan sidang kasus itu pada 1 Maret.

Hakim Sharma meminta para terdakwa membayar uang tebusan masing-masing sebesar 10.000 rupee (US $ 183), yang ditetapkan di negara itu dan bekerja sama dengan penyelidikan pengadilan.

Kuasa hukum Pastor Muttungal berkeberatan dengan pemberian uang tebusan dengan alasan bahwa para terdakwa diadukan kliennya karena posisi kepemimpinan mereka di keuskupan agung itu.

Pengadilan memutuskan bahwa para terdakwa tidak memiliki sejarah kriminal dan mengabulkan permohonan jaminan.

Sementara itu, Asosiasi Katolik Bhopal telah merencanakan mengadakan tuguran (prosesi sambil menyalakan lilin) di lahan gereja paroki Bhopal untuk menunjukkan rasa solidaritas mereka dengan Uskup Agung dan dua imam itu.

“Masalah ini seharusnya diselesaikan dalam Gereja dan tidak boleh membawa ke pengadilan sipil,” kata Daniel John, ketua asosiasi itu. “Sebagai uskup dan imam Gereja lokal, mereka tidak mungkin terlibat dalam kegiatan seperti yang dituduhkan tersebut.”

Dia menambahkan bahwa umat paroki setempat berharap kasus ini hendaknya dicabut dan diselesaikan secara damai di luar pengadilan.

Sumber: Bhopal archbishop granted bail [1]