UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan kecam berita palsu di media terkait pengunduran diri Paus

Pebruari 25, 2013

Vatikan kecam berita palsu di media terkait pengunduran diri Paus

 

Paus Benediktus XVI menjelaskan keputusannya untuk nengundurkan diri ketika ia mengadakan acara doa publik terakhirnya pada Minggu, hari itu sekretariat negara Vatikan mengecam keras berita-berita yang tidak benar  (palsu) yang dipublikasikan di berbagai media terkait pengunduran diri Paus itu akibat skandal dalam Gereja Katolik.

“Tuhan memanggil saya untuk pergi ke atas bukit, untuk mendedikasikan diri saya sekali lagi untuk berdoa dan bermeditasi,” kata Paus, yang menyapa ribuan orang di Lapangan Santo Petrus di Kota Vatikan pada Minggu. “Tapi, ini tidak berarti saya mengabaikan Gereja,” katanya seperti dikutip oleh media.

Awal bulan ini, Paus Benediktus mengumumkan pengunduran dirinya, dengan mengatakan, “Kekuatan pikiran dan tubuh sangat dibutuhkan, tapi dalam beberapa bulan terakhir kesehatan saya telah menurun drastis. Saya mengakui ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya.”

Namun, rumor yang tersebar di media online mengklaim bahwa Paus Benediktus mengundurkan diri karena tindakan hukum yang diambilnya terkait dugaan keterlibatan dalam berbagai  skandal, termasuk pedofilia dan teori konspirasi.

Sekretariat negara Vatikan menanggapi pada Sabtu atas laporan tersebut dalam sebuah pernyataan keras, mengatakan sebagian dari media mencoba untuk menempatkan tekanan opini publik terkait pemilihan Paus baru.

“Melalui berabad-abad, para Kardinal telah menghadapi berbagai bentuk tekanan,” kata juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ, yang membacakan pernyataan itu kepada wartawan.

Sumber: Vatican blasts media over reporting of scandals

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi