UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Konklaf dimulai 12 Maret

Maret 9, 2013

Konklaf dimulai 12 Maret

 

Para kardinal pemilih akan mulai berkumpul di Vatikan, Roma, untuk mengadakan konklaf (pemilihan Paus baru) pada 12 Maret.

Pastor Federico Lombardi SJ, juru bicara Vatikan, mengumumkan tanggal dimulainya pemilihan Paus baru tersebut dalam sebuah pesan kepada media pada 8 Maret.

Sesi pertama pemilihan di Kapel Sistina akan dimulai pada sore hari, setelah Misa pagi “Pro eligendo Summo Pontifice” (untuk memilih Sri Paus) di Basilika St. Petrus.

Peraturan negara yang mengatur pemilihan Paus bahwa sebuah konklaf harus dimulai antara 15 dan 20 hari setelah pemimpin tertinggi Gereja Katolik mengalami  kekosongan, tapi tak lama sebelum pengunduran dirinya pada 28 Februari Paus Benediktus XVI mengeluarkan keputusan yang mengizinkan para kardinal untuk memajukan  tanggal awal konklaf.

Kolese Kardinal memutuskan tanggal konklaf pada hari kelima dari pertemuan pra-konklaf mereka, setelah menunggu 115 kardinal yang memenuhi syarat pemilihan.

Kardinal yang terakhir tiba di Roma adalah  Jean-Baptiste Kardinal Pham Minh Man dari Ho Chi Minh City, Vietnam, yang bergabung dengan para kardinal lain pada 7 Maret.

Pada sesi pagi 8 Maret, sebelum mengumumkan penjadwalan pemilihan Paus baru,  Angelo Kardinal Sodano, dekan Kolese Kardinal, mengatakan kepada pertemuan itu bahwa dengan perubahan yang dilakukan oleh Paus Benediktus, para kardinal tidak perlu membahas lagi tentang apakah mereka memulai konklaf sebelum 15 Maret, tambah Pastor Lombardi, seperti dilansir Catholic News Service.

Foto: hidup.katolik.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi