UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus serukan persahabatan antaragama

Maret 21, 2013

Paus Fransiskus serukan persahabatan antaragama

 

Paus Fransiskus, Rabu (20/3/2013), menyerukan “persahabatan dan rasa respek” di antara semua agama dan kepercayaan di dunia.

Pernyataan ini disampaikan Paus dalam pertemuan dengan perwakilan agama-agama besar dunia di Vatikan.

Gereja Katolik Roma, lanjut Paus, akan terus mempromosikan persahabatan dan rasa saling menghormati antara semua pemeluk agama.

“Kita bisa berbuat banyak untuk mereka yang miskin, mereka yang lemah, mereka yang menderita, serta mempromosikan rekonsiliasi dan perdamaian,” ujar Paus Fransiskus, seperti dilansir kompas.com.

Para tokoh agama dari Kristen Ortodoks, Yahudi, dan Islam terlihat dalam pertemuan yang digelar sehari setelah Paus Fransiskus dilantik.

“Semua agama harus bersatu untuk melawan hal paling berbahaya saat ini, yaitu menilai manusia dari apa yang mereka produksi dan konsumsi,” lanjut Paus asal Argentina itu.

Lebih lanjut, Paus mengatakan, dia juga merasakan “kedekatan” dengan orang-orang yang mengaku tak beragama, tetapi sedang mencari kebenaran, kebaikan, dan keindahan. Yang semuanya, tambah Paus, ada dalam diri Tuhan.

“Saya sangat menghargai kehadiran Anda semua dan saya melihat ini sebagai sebuah tanda saling respek dan kerja sama untuk kebaikan manusia,” kata Paus kepada para tokoh agama yang hadir di Vatikan.

Sementara itu, kepada denominasi Kristen lainnya, Paus menegaskan, dia tetap akan melanjutkan dialog dengan mereka.

Dengan pihak Yahudi, Paus juga mengutarakan keinginannya untuk melanjutkan dialog yang dimulai sejak Konsili Vatikan II tahun 1960-an.

 

One response to “Paus Fransiskus serukan persahabatan antaragama”

  1. yantosaputrayo says:

    Sebuah dorongan dari Bapa Suci Fransiskus bagi kaum Awam untuk menngembangkan Teologia Persahabatan bukan Teologia Perhambaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi