UCAN Indonesia Catholic Church News
UCAN Spirituality | A service of UCA News

Ratusan jemaat berteriak dan menangis menghadang kendaraan berat bongkar gereja

21/03/2013

Ratusan jemaat berteriak dan menangis menghadang kendaraan berat bongkar gereja thumbnail

 

Suasana haru dan tangis mengiringi kedatangan kendaraan berat, becko, di depan gedung Gereja HKBP Setu yang dibongkar paksa hari ini.

Ratusan wanita dan anak-anak yang menolak adanya pembongkaran bangunan gedung terlihat menangis terseduh-seduh.

Mereka menghadang jalan kendaraan berat tersebut agar tidak mendekati bangunan gereja mereka yang terletak di Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Mereka tidak berpihak kepada kami. Dimana keadilan, yang negaranya berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar salah satu jemaat.

Alat berat itu datang bersama sekitar 40 personel Satpol PP Kabupaten Bekasi.

Setelah perundingan gagal di antara pihak gereja dan Satpol PP, akhirnya petugas Satpol PP membongkar pagar yang mengelilingi bangunan tersebut. Sedangkan bangunan gereja semi permanen ada di dalam pagar tersebut tidak dibongkar petugas.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menilai bangunan ini dibongkar karena melanggar Perda nomor 7 tahun 1996 tentang IMB.

Kapolres Kabupaten Bekasi Ajun Komisaris Besar Isnaeni Ujiarto mengatakan, sekitar 300 personel mengamankan proses eksekusi. “Tiga kompi dari Polres, Polda, Brimob, Sabhara, TNI ada satu pleton,” katanya, Kamis (21/3).

 

 

Sementara itu, Pendeta Adven Leonard Nababan menolak permintaan Pemkab Bekasi melakukan eksekusi bangunan tersebut.

“Ini negara hukum, kami belum mengetahui alasan yang jelas dari pemerintah kabupaten perihal pembongkaran bangunan ini,” ujar Pendeta Leonard, pimpinan Gereja HKBP Setu.

Tembok itu mengelilingi bangunan semipermanen yang sudah bertahun-tahun dijadikan tempat untuk beribadat.

“Kami bukan penjahat, kami hanya ingin beribadah,” ujar salah seorang wanita yang menolak pembongkaran tersebut.

Pemkab Bekasi sebelumnya merencanakan eksekusi pembongkaran bangunan gereja yang sudah berdiri mulai pertengahan tahun 1999 itu.

Pembongkaran gereja yang belum selesai dibangun itu, menurut Wakil Bupati Bekasi Rohim Mintareja, karena terkait permasalahan IMB dan pemerintah Bekasi mengindari adanya konflik dengan warga setempat yang diklaim tidak setuju terhadap pembangunan gereja itu.

Foto: detik.com

  • fredyG Muhamad

    mengapa wakil bupati bekasi tidak bisa bertindak bijaksana,, lihatlah contoh di kabupaten manggarai,, banyak warga tidak setuju untuk membangun mesjid di jantung kota, tetapi bupati bertindak tegas bahwa mesjid mesti di buat,,,meskipun saudara muslim sangat minoritas tetapi mereka tetap dihargai dan dihormati di manggarai Flores

  • Fajar

    makanya jangan keseringan bangun bangunan liar yang gak ada izinnya dan tidak terdaftar pembangunannya. yah jelas dibongkar karena melanggar Perda…

  • hadrianus wardjito

    Dimana dikau SBY? Dimana partai-partai yang mau mengatas namakan rakyat? Jika tidak bersedia menerima keberagaman, bhineka-tunggal-ika, proklamirkan secara terus-terang maunya apa, biar NKRI tidak hanya sebagai slogan melulu.

  • http://www.facebook.com/nengkikilovehihiluthudeh Kiki Nauli

    SBY sibuk ngurusin partainya, presiden hanya status supaya bisa heboh sana sini,beliau tidak perduli dengan rakyatnya yg morat marit asal partainya dan anak istrinya selamat aman dan sentosa

  • http://www.facebook.com/gustav789 Gustav Ananta Mueller

    Mosok orang berdoa disusahin, la;au koruptor pasti dibela tuh sama mereka ha ha ha ha. Setan pasti takut kalau orang banyak berdoa

  • http://www.facebook.com/gustav789 Gustav Ananta Mueller

    Bukti umat dan Bupati mentoleransi agama lain, tapi sebaliknya ???? walahu alam. Kalau uang dinegara ini sangat di toleransi .

  • harimurti yudistiro

    Semoga Jemaat HKBP yang sedang mendapat pencobaan ini diberi kekuatan. Semoga mendapatkan solusi yang baik bagi mereka untuk kembali menjalankan ibadahnya :)

  • Ventje DAMOPOLII

    Sampai saat ini “kaumminoritas” selalu menjadi korban ketidakadilan dan yang dikambinghitamkan masyarakat disekitarnya yang notabene tidak setuju dengan kehadiran bangunan (gereja) tersebut. Kalau disimak dan terpampang nyata bahwa struktur negara kita yang dulunya dibangun dengan penuh kebanggaan yakni NKRI dalam dekade terakhir ini semakin rusak dan kehilangan maknanya. Dan pemerintah kita baik di pusat maupun beberapa daerah tidak pernah memahami hal ini. Sikap toleransi antar umat beragama hanya sebatas slogan dan terlalu sulit untuk diwujudkan ditengah masyarakat Bekasi. Apakah IMB juga berlaku untuk tempat ibadah yang lain ??????? Apakah pemerintah setempat dalam ini Pemkab Bekasi cukup adil dan amanah memperlakukan sesama umat yang juga “setiap warga negara berhak beribadah menurut keyakinanannya” !!!!

  • http://twitter.com/rey82wangge bukan_gombalers

    hmmmm… Indonesia, kalau ngomong soal toleransi beragama, cieeee… seolah-olah paling pintar sedunia…
    preeeetttt… kemanusiaan yg adil dan beradap??? mana???? persatuan Indonesia??? mana??? keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia??? mana???…
    Indonesia sebenarnya belum MERDEKAAA…!!!

  • Anonymous

    “Mereka tidak berpihak kepada kami. Dimana keadilan, yang negaranya berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar salah satu jemaat.

    “Ini negara hukum, kami belum mengetahui alasan yang jelas dari pemerintah kabupaten perihal pembongkaran bangunan ini,” ujar Pendeta Leonard, pimpinan Gereja HKBP Setu.

    itu dulu pak … sekarang mah udah gak lagi :D

  • Kaper Philips

    Kunjuk ing ngarso dalem ing hyang romo hyang putro hyang roh suci amin.. semoga anda dan otak yg menyuruh membongkar gereja selalu dibimbing dan diberkati.. diberi berkat keselamatan dan kesehatan.. diberi pencerahan roh kudus agar dapat belajar untuk menghargai sesama dan tidak mementingkan jabatan dan golongan.. semua ini kami serahkan melalui perantaraan yesus sang juru selamat kami.. amin.

  • Kaper Philips

    Bener gan.. indonesia hanya merdeka dari penjajahan negara asing doang..

  • Lydia

    Mari kita sama-sama berdoa untuk jemaat HKBP supaya Tuhan memberi jalan keluar bagi mereka. Janganlah kita membennci dan marah terhadap pelaku-pelaku pembongkaran, karena itu bukan konsep Kristiani. Ya, memang susah sekali untuk melakukan ini. Tapi mejelang hari Jumaat Agung, marilah kita ingat apa yang Kristus doakan untuk mereka yang menyalibkan Dia : “Bapa, ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”

  • http://www.facebook.com/rio.jenggot Rio Pangaribuan

    Saya lihat byk skali umat Protestan yg terpaksa beribadah di mall2 dan di ruko2 karna ijin mendirikan Gereja mereka dipersulit dan yg sudah ada malah dibongkar.
    Ironis.. Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika jadi tak berarti di bawah kepemimpinan presiden yg plin plan dan tidak tegas tapi hobi nyanyi.
    Bila rakyat Papua dan sekitarnya yg mayoritas Kristen menuntut kemerdekaan, mungkin itu lebih baik bagi mereka…dan ANAK CUCU mereka kelak.

  • condro

    saya setuju, mas fajar. semua bangunan (baik untuk tempat tinggal maupun tempat ibadah apapun itu) harus ber-IMB. Anda tahu berapa lama proses pengurusan pembangunan gereja? tidak ada yang tahu berapa lama, bisa bulanan, tahunan, puluhan tahunan…. tidak ada yang tahu. Anda tahu berapa lama pengurusan tempat ibadah saudara muslim? tidak tahu… kenapa? karena tidak perlu ada IMB untuk pembangunannya… bukti? banyak sekali, Mudah-mudahan keadaan akan menjadi lebih baik, mas…

  • Salomo

    Papua Merdeka…HARUS

  • Yulius Siantar Man

    bubarkan NKRI, mari kita buat martabe “marsipature hutana be!. Jadikan saja tiap propinsi jadi negara bagian, biar yang dipusat tidak semakin kesetanan terbelenggu oleh setan menikmati hasil dari rakyat yang didatangkan dari seluruh penjuru hanya untuk mereka nikmati! what the hell is going on! Di penjara Yogyakarta 4 narapidana ditembak mati oleh pasukan bertopeng. siapa lagi kalau bukan….. orang minoritas ga pernah nyaman…. SBY pernah berorasi dia mengutip istilah orang Latin “si pacem para bellum” jika ingin damai bersiaplah untuk perang. Wah jangan-jangan mereka kurang mengerti bahasa Latin. Kalau gitu mari kita mulai perang wkwkwkw. Supaya kita mendapat damai.

    apa artinya ini pak presiden???

    Senin, 11 Desember 2006

    Si Vis Pacem Para BellumDr. Andi A. Mallarangeng, dikutip dari harian Jurnal Nasional

    “Negara agresor telah menduduki Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jawa sedang diserbu, bahkan musuh telah mendarat di Cibenda, Sukabumi. Tampaknya sedang melakukan konsolidasi untuk melakukan pendudukan lebih dalam. Presiden Republik Indonesia telah menyatakan perang, dan Panglima TNI telah memerintahkan Pangdam Siliwangi sebagai Panglima Komando Operasi Jawa Barat untuk merebut kembali Cibenda, dengan mengerahkan segenap kekuatan yang ada. Karena pendudukan sejengkal tanah air pun adalah pelanggaran kedaulatan Republik Indonesia.”

    Jangan kaget dulu, itu bukanlah situasi sungguhan. Itu adalah skenario dalam latihan perang puncak TNI Angkatan Darat “Kartika Yudha” yang diadakan di Cibenda-Sukabumi Jawa Barat minggu lalu. Tentu kita tidak menginginkan bahkan tidak membayangkan skenario semacam itu terjadi di negeri kita. Tetapi, namanya latihan perang kadang harus membuat skenario terburuk dan berlatih untuk mengubahnya menjadi skenario terbaik. Skenario terburuk itu adalah pendudukan sebagian atau seluruh wilayah Republik Indonesia oleh negara agresor. Skenario terbaik adalah tegaknya kedaulatan Republik Indonesia di setiap jengkal wilayah tanah air.

    Si Vis Pacem Para Bellum, jika ingin damai bersiaplah untuk perang. Sejarah mengajarkan kita bahwa setiap bangsa yang ingin damai harus selalu bersiap untuk menjaga kedaulatannya itu, dengan satuan tentara profesional. Satuan tentara profesional yang selalu siap mempertahankan kedaulatan negara sampai titik darah penghabisan adalah semacam asuransi untuk menciptakan deterrent bagi siapa pun yang ingin mencoba untuk mengganggu kedaulatan kita.

    Mereka yang telah memutuskan untuk jadi tentara profesional, menjadi anggota TNI, memang telah menandatangani kontrak untuk siap mati demi membela negara. Tapi mereka tidak bisa hanya siap untuk mati, tetapi justru mereka harus dilatih untuk terus hidup dan berjaya di setiap medan pertempuran. Karena itu, semboyan “Lebih Baik Mandi Keringat dalam Latihan daripada Mandi Darah dalam Pertempuran” selalu jadi pegangan para tamtama, bintara, dan perwira TNI.

    Dan pesawat Bronco TNI-AU menggempur musuh dari udara. Lalu disambung dengan helikopter tempur TNI-AD menembakkan roket langsung ke jantung musuh. Dari garis belakang, batalyon artileri TNI-AD tak mau ketinggalan dengan meriamnya. Sementara itu, divisi infantri menyerbu dengan berlari melintasi sawah, melintasi gunung. Tank-tank AMX-13 TNI-AD maju dan menggempur musuh dengan tembakan yang bergemuruh, langsung menghancurkan lawan. Sekedar informasi, latihan ini menggunakan peluru dan roket sungguhan.

    Presiden SBY mengikuti jalannya latihan perang dengan seksama melalui teropong, sambil memberikan pujian ketika tembakan Kanon 115 mm dari Tank AMX-13 buatan Perancis mengenai sasaran dengan jitu. Saya sendiri baru pertama kali melihat latihan perang yang lengkap seperti ini. Semangat para prajurit dan perwira TNI peserta latihan sungguh luar biasa. Keterampilan mereka juga tak kalah dengan tentara mana pun. Tetapi alat-alat tempur yang mereka pakai sudah waktunya diganti dengan yang lebih baik dan lebih baru. Alat utama sistem senjata TNI tak boleh ketinggalan dengan persenjataan negara mana pun, paling tidak di kawasan sekitar kita.

    Saya sendiri memang sangat terkesan dengan Tank AMX-13 itu. Ternyata senjata buatan tahun 1963 (seumur dengan saya) jika dipelihara dengan baik, masih bisa diandalkan dan ampuh. Bagaikan harimau tua yang masih bergigi dan menggigit.

    preettttttttttttt…persoalan rakyat tak diperhatikan, pikiran cuma mau berperang. main perang-perangan belum lulus hehehe..

  • manganese

    kasihan negeri ini….mau diapakan saja oleh kelompok tertentu dianggap angin lalu…

  • manganese

    dibakar, dibongkar, dibom tak akan melenyapkan kristen dari muka bumi. gereja adalah kaki dian abadi yang selalu setia menerangi umatnya..

  • manganese

    jangan menangis saudaraku !!! badai itu pasti akan berlalu… kejadian ini adalah bagian dari penderitaan Kristus yang Ia tanggung …tapi percayalah kebangkitan-Nya adalah sukacita bagi umat-Nya…Kemuliaan-Nya di surga mengutus Roh Kudus untuk menolong dan membebaskanmu…terimalah setiap runtutan kejadian ini dengan senyum dan dengan hati yg indah dan damai…ini adalah rentetan episode dari peranmu sebagai domba di tengah-tengah serigala… IA akan datang menghardik serigal2 itu dengan kuasa-Nya yang maha dahsyat…percayalah akan KuasaNya yang besar…

  • Lydia

    Ah, manusia hanya dapat membongkar dan merobohkan bangunan fisik (gereja) saja. Tapi saya yakin dan percaya mereka tidak akan dapat membongkar atau merobohkan iman Jemaat HKBP karena iman mereka didasarkan atas Batu Karang Yang Teguh!!

  • http://www.facebook.com/nanang.septianto Nanang Septianto

    Kami tidak butuh SBY yang kami butuh hanyalah Than Yesus

  • Nick

    Doakan mereka…Penderitaan Tuhan Yesus Kristus lebih perit dari yang ini…teguhkan iman kerohanian….

  • Alfons Liwun

    Org kristen harus percaya dengan sejarah yang dihadapi Gereja masa lalu. Bahwa dalam sejarah itu, Karya Allah bekerja dengan perlahan-lahan tetapi pasti. “Semakin dihambat namun Ia semakin merambat.”

  • http://www.facebook.com/otiskirakla.orlando Otis Kirakla Orlando

    TUHAN ALLAH mengasihi umatnya menderita …Aku percaya kepada Allah Bapa ,dan TUHAN YESUs AnakNya yang tunggal .Jangan menangis ttg peristiwa ini….kita berdo biar Tuhan mengampuni perbuatannya mereka .

  • ANTO

    YA… NEGARA INI BANYAK ORANG KURANG AT BAHKAN TIDAK BIJAK…

Jangan lewatkan
Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini
Invite a Friend
  1. Pemerintah berpihak pada FPI menentang pernikahan beda agama
  2. Paus Fransiskus beatifikasi mendiang Paus Paulus VI
  3. Meneropong keberagaman agama lewat media
  4. Para uskup isyaratkan untuk mengubah dokumen akhir Sinode
  5. Tokoh JIL Ulil Abshar Abdalla dilarang masuk Malaysia
  6. Pemimpin Baru dan Harapan Perubahan
  7. Romo Benny: Basuki harus dialog dengan para penentangnya
  8. Negara tidak boleh diam terkait aksi anarkis berbau agama
  9. Pengadilan Pakistan pertahankan hukuman mati terhadap seorang ibu Kristen
  10. Uskup Agung Karachi: Kasus Asia Bibi menunjukkan intoleransi bertumbuh
  1. Sinode berakhir dengan mempertegas ajaran Gereja
  2. Meneropong keberagaman agama lewat media
  3. Paus Fransiskus beatifikasi mendiang Paus Paulus VI
  4. Pemimpin Baru dan Harapan Perubahan
  5. Jokowi-JK bersumpah pegang teguh UUD 1945
  6. Uskup Agung Kuala Lumpur fokus pada kaum muda
  7. Fransiskan India memerangi kekerasan terhadap perempuan
  8. Uskup Peraih Nobel Perdamaian doakan Jokowi-JK dalam Surat Terbuka
  9. Para pemimpin agama ASEAN bahas perdamaian
  10. SBY dinilai gagal membebaskan perempuan dari kemiskinan
  1. Jangan terlalu berharap kebaikan dari DPR yang baru.. Teringat "kucing yang seda...
    Said on 2014-10-10 05:27:00
  2. Korupsi dana pendidikan jangan mengabaikan modus pelaku pada tingkat sekolah: ke...
    Said Lakestra on 2014-10-09 09:15:00
  3. Umat tak butuh statement, tapi kebijakan. Apa yang dapat Gereja bantu terhadap m...
    Said Brian Susanto on 2014-10-09 04:48:00
  4. Bukan saja tidak mendiskriminasi keberadaan agama (yang ada sekarang) tetapi jug...
    Said on 2014-10-07 08:28:00
  5. Yang berbelaskasih menghadapi ahli hukum gereja.. mengingatkan pada Yesus yang m...
    Said on 2014-10-07 08:08:00
  6. Masuk penjara seperti Santo Paulus, demi keadilan dan kerajaan Allah.. syukur bu...
    Said on 2014-10-07 07:52:00
  7. Sangat disayangkan, tidak dimuat apa masalah pokoknya, apa saja yang dituduhkan...
    Said Brian Susanto on 2014-10-07 07:13:00
  8. Konflik sepihak itu (kan tidak ada yang membalas kalau dari kalangan Kristen), s...
    Said on 2014-10-01 14:52:00
  9. Kita semua tertipu. Yang dikira dapat dipercayai pemerintahan yang baik ternyat...
    Said on 2014-09-30 10:19:00
  10. @donotchangemyname: baca dokumen2 Gereja yg terkait dgn hal tsb. Prinsip dan huk...
    Said Antonio on 2014-09-27 01:06:00
UCAN India Books Online