UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Misa Minggu Palma digelar dengan arak-arakan hasil bumi

Maret 25, 2013

Misa Minggu Palma digelar dengan arak-arakan hasil bumi

 

Misa Minggu Palma di Gereja Katolik Santo Petrus Kanisius Lor Senowo atau yang biasa dikenal dengan Gubuk Selo Merapi di Dusun Grogol, Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (24/3/2013), dikemas unik.

Kedatangan Yesus memasuki kota Yerusalem, divisualisasikan umat dengan membawa pemimpin Misa, Romo Aloysius Martoyoto Wiyono mengendarai gerobak berisi berbagai hasil bumi.

Romo Aloysius yang disimbolkan sebagai Yesus, duduk di gerobak dengan bersandar karung-karung berisi gabah, dan di samping kanan dan kirinya ditancapkan berbagai hasil bumi lainnya seperti ketela pohon, jagung, buncis dan pare.

Gerobak ini ditarik oleh tiga warga Dusun Grogol, menempuh jarak sekitar 300 meter dari rumah salah satu umat menuju gereja. Sepanjang jalan, rombongan ini diiringi oleh puluhan umat yang melambai-lambaikan daun palma.

Romo Martoyoto dalam homilinya, mengatakan, arak-arakan Minggu Palma ini sengaja dikemas dengan sederhana, untuk mengingatkan umat agar mengikuti teladan Yesus yang penuh dengan kesederhanaan.

“Meneladan Yesus Kristus, umat akan belajar bahwa dari hal-hal sederhana itulah, kita bisa memperoleh kedamaian dan ketentraman sejati,” ujarnya.

Andreas Susanto, sutradara visualisasi, mengatakan, misa kali ini mengambil tema “Kuasaning Rojokoyo” yang bermakna kekuasaan hasil bumi.

Tema ini, menurut dia, bermakna bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menguasai pangan, dan memahami kebutuhan rakyat kecil.

“Jika pemahaman ini memang menjiwai pemimpin-pemimpin di masa kini, maka kita seharusnya tidak perlu mengalami gejolak mahalnya harga daging sapi, bawang merah, dan bawang putih,” ujarnya.

Namun, menurut dia, sangat disayangkan, saat ini, setiap orang yang ingin jadi pemimpin mengandalkan kekuatan uang dimiliki. Menghadapi berbagai agenda pemilihan kepala daerah, wakil rakyat, dan presiden, dia berharap umat pun tidak lagi salah pilih.

“Ke depan, kami berharap, masyarakat memilih figur pemimpin berdasarkan kualitas kemampuan dan kepribadian, bukan karena partai atau politik uang,” ujarnya.

Sumber: kompas

One response to “Misa Minggu Palma digelar dengan arak-arakan hasil bumi”

  1. Yulius Siantar Man says:

    Hossana bagi Raja Daud. Yesus yang baik, ampunilah kami dan selamatkanlah kami. Amen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi