UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Para uskup ingatkan umat terkait ritual penyaliban

Maret 27, 2013

Para uskup ingatkan umat terkait ritual penyaliban

 

Pihak berwenang di Filipina mengumumkan bahwa setidaknya 24 “peniten” diharapkan akan dipaku di kayu salib pada hari Jumat Agung, sebuah ritual tahunan yang bertujuan untuk menebus dosa dan bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang telah diperoleh.

Tapi, pada Selasa para uskup di negara itu memperingatkan umat beriman  tentang bentuk-bentuk ekstrim dari pengorbanan pada hari Jumat Agung, termasuk penyaliban dan cambuk.

“Mari kita lebih berkonsentrasi pada doa …. Ini adalah cara yang indah merayakan Pekan Suci,” kata Uskup Agung Jose Palma dari Cebu, ketua presidium Konferensi Waligereja Filipina.

Prelatus itu mengatakan semangat nyata dari ketaatan akan Pekan Suci adalah “pertobatan.”

Uskup Joel Baylon, ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Filipina, juga mengingatkan umat beriman bahwa ada “bentuk-bentuk lain dari pengorbanan  yang akan membuat pertobatan sejati.”

“Tuhan menghargai semua bentuk pengorbanan, tapi kadang-kadang jenis pengorbanan yang kita melakukan sendiri … bukan apa yang dikehendaki Tuhan,” katanya.

Meskipun Gereja Katolik mengecam ritual itu, pemerintah mengatakan tidak bisa menghentikan devosi itu dengan cara penyaliban dan cambuk diri mereka sendiri.

Departemen Kesehatan telah memperingatkan orang-orang yang mengambil bagian dalam ritual itu menggunakan paku-paku yang disterilkan guna menghindari dari tetanus.

Sumber: Bishops frown on penitent crucifixions

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi