UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Prosesi Jalan Salib dengan nuansa Tana Toraja

Maret 29, 2013

Prosesi Jalan Salib dengan nuansa Tana Toraja

 

Ribuan umat Katolik di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengikuti prosesi Jalan Salib pada ibadah Jumat Agung, Jumat (29/3/2013).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, prosesi Jalan Salib ini diwarnai dengan budaya Tana Toraja. Ribuan orang dari berbagai stasi se-Tana Toraja memadati Alun-alun Makale. Pada prosesi itu, mereka mengarak salib yang diletakkan di atas letton atau tandu di jalan-jalan utama Kota Makale.

Prosesi jalan salib kali ini digelar dengan balutan budaya Toraja yang disebut “Rambu Solo”. Selain prosesi rambu solo, juga dihiasi dengan tari perang, memikul babi dan juga membawa hasil panen dari kebun.

Dalam prosesi ini juga terlihat kain merah sepanjang 1000 meter dibentangkan untuk jemaat yang berjalan di bawa kain sambil melantunkan lagu-lagu pujian. Kain merah itu merupakan simbol darah Yesus yang tumpah untuk umat manusia.

Prosesi yang dipimpin Pastor Alberth Arlinan itu berlangsung khidmat. Sejumlah anggota jemaat bahkan terlihat meneteskan air mata.

Dalam pesannya, Alberth mengutarakan harapannya bahwa peringatan kesengsaraan Yesus Kristus atau jumat agung yang mengangkat tema wujudkan kesejahteraan dapat jadi pembaharuan umat Katolik dalam menghadapi berbagai rintangan.

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi