UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

95 orang meninggal akibat gizi buruk di Papua

April 2, 2013

95 orang meninggal akibat gizi buruk di Papua

 

Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengatakan dirinya sudah mendengar tentang peristiwa meninggalnya 95 orang akibat gizi buruk dan buruknya layanan kesehatan di tiga desa di Kabupaten Tambraw Papua Barat sejak November tahun lalu.

Namun, ia mengaku masih harus mendengar laporan dari Dinas Kesehatan setempat.

“Wewenangnya ada pada Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah setempat. Tindak lanjutnya akan kami lakukan berikutnya,” urai Nafsiah usai membuka Rakerkesnas regional tengah 2013, Senin (1/4), di Surabaya, seperti dilansir metrotvnews.com.

Ia mengatakan pihaknya masih harus mendengarkan penjelasan dan mencari tahu kenapa sampai bisa terjadi bencana kelaparan dan susahnya masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan.

Terkait adanya anak gizi buruk di salah satu Kampung di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat belum diketahui Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tambrauw Siprianus Weer.

Dia mengatakan pihaknya belum mendengar berita tentang adanya sejumlah anak yang teridentifikasi bergizi buruk di salah Kampung di Kabupaten Tambrauw.

Sipri mengatakan pihaknya baru saja turun dari Kabupaten Tambrauw kemarin. Namun, dirinya belum mendapat informasi tentang kasus gizi buruk tersebut.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat Djimmy Idjie membenarkan adanya kejadian luar biasa yakni gizi buruk yang menimpa tiga kampung di ditrik Kwor kabupaten Tambrauw.

“Saya baru saja menelepon Bupati Tambrauw dan benar ada tiga kampung di distrik Kwor yang terkena wabah gizi buruk dan sudah menewaskan 15 orang warga. Distrik Kwor itu lokasinya di antara distrik Sausapor yang adalah ibu kota sementara Tambrauw dengan perbatasan kabupaten Manokwari,” kata Idjie melalui ponselnya Senin (1/4).

Menurut dia, berdasarkan laporan yang didapatkannya dari pemerintah kabupaten Tambrauw, sudah dikirimkan tenaga medis ke lokasi yang terkena wabah gizi buruk. Bahkan, sebagian sudah bisa diselesaikan dan para tenaga medis sudah balik dan melapor.

 

One response to “95 orang meninggal akibat gizi buruk di Papua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi