UCAN Indonesia Catholic Church News
UCAN Spirituality | A service of UCA News

Menteri agama salahkan umat Kristen terkait penutupan gereja

04/04/2013

Menteri agama salahkan umat Kristen terkait penutupan gereja thumbnail

 

Menteri Agama Suryadharma Ali mempersalahkan umat Kristen terkait penutupan beberapa gereja di tanah air, dengan mengatakan bahwa mereka telah mempolitisasi masalah yang sebenarnya bersifat administratif.

Suryadharma menjelaskan umat Kristen di tanah air bukan satu-satunya yang bermasalah dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat-tempat ibadah mereka, tetapi mereka mendapat lebih banyak perhatian karena mereka berbicara kepada media.

Menteri itu mengatakan umat Islam di beberapa daerah di tanah air dimana mereka adalah minoritas, seperti di Bali, Sulawesi Utara, dan NTT, telah mengalami tantangan yang sama ketika mencoba mendapatkan IMB masjid.

“Tapi, mereka tidak bicara kepada media. Mereka juga tidak memprotes atau mengadakan doa di depan Istana Presiden. Persyaratan memperoleh IMB hanya persoalan administratif, tidak ada hubungan  dengan isu politik,” kata Suryadharma.

Suryadharma merujuk kepada Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Bogor, Jawa Barat, dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia Bekasi, yang telah melakukan kebaktian hari Minggu di depan Istana Presiden sekitar lebih dari setahun tahun terakhir karena pemerintah daerah telah menyegel gereja-gereja mereka terkait IMB.

HKBP Filadelfia telah terlibat dalam sengketa IMB dengan penduduk lokal di desa Jejalen Jaya selama bertahun-tahun karena penduduk setempat menolak untuk mengizinkan gereja dibangun di lingkungan mereka.

Penduduk setempat telah mencegah anggota HKBP melakukan kebaktian hari Minggu di gereja mereka.

Terkait gereja GKI Yasmin, Mahkamah Agung melalui Putusan Nomor 127 /PK/TUN/ 2009 pada 9 Desember 2009 telah memenangkan GKI Yasmin, namun  Pemerintah Kota Bogor tidak melaksanakan putusan MA, malah mencabut IMB GKI Yasmin pada 11 Maret 2011.

Suryadharma juga menyatakan Peraturan Bersama (Perber) dua menteri tahun 2006, yang mengatur pembangunan tempat ibadah semua agama di negeri ini, termasuk gereja, memiliki persyaratan yang ketat hanya untuk mencegah konflik sosial.

Keputusan itu dikeluarkan oleh Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri, menyatakan, sebuah tempat ibadah harus memiliki minimal 90 jemaat dan memiliki dukungan setidaknya 60 penduduk setempat yang tinggal di sekitar tempat ibadah.

“Saya sangat kecewa dengan menteri ini. Dia benar-benar tidak memiliki gagasan tentang masalah kami karena kami harus berbenturan akibat Perber tersebut,” kata Pendeta Palti Panjaitan dari HKBP Filadelfia.

Secara terpisah, Bona Sigalingging dari GKI Yasmin mengatakan pernyataan Suryadharma mengindikasikan pemerintah telah secara tidak langsung melegitimasi diskriminasi agama.

“Menteri seharusnya tidak memuji aksi mereka yang telah memilih diam setelah gagal mendapatkan IMB untuk mendirikan rumah ibadah mereka. Dia seharusnya mendesak semua lembaga pemerintah untuk memberikan hak warga mereka untuk beribadah.”

Sumber: the jakarta post

  • http://twitter.com/andrewjansen andrew jansen

    Bisanya cuma nyalahin aja…nggak berusaha mencarikan solusi

  • paijo jono

    kalau masjid aja dimana-mana boleh didirikan tp klo tempat ibadah yang lain!!!!!!!!! huuuuuuuuuuuu………… dembik tenan!!!!

  • http://www.facebook.com/people/Suwandi-Tjandra/100002200141707 Suwandi Tjandra

    Menteri yang seperti ini masih dipakai oleh pemerintahan saat ini, tidak hanya menteri Agama tetapi hampir semua menteri di era ini tidak berkualitas, hanya usungan partai saja. Dan menurut saya Departemen Agama sudah saatnya dibubarkan, sebab pemerintah jangan ikut menginterfensi iman seseorang. Buktinya urusan haji dan Quran dikorupsi.

  • http://www.facebook.com/gustav789 Gustav Ananta Mueller

    Apa yang bisa diharapkan dari menteri yang EQ dan IQ nya kayak begini? Memang posisi menteri adalah posisi politis. Tapi setidak tidaknya pilihlah orang yang bijak, nggak malu maluin kayak begini. Yang mungkin waktu jaman Soeharto nggak lulus P4.

  • deni

    organisai kristen terlalu bnyak dan fatalnya tidak ada persatuan…
    mreka tau itu makanya mreka jd semena mena, mentri kaya gini kan bcara tanpa bobot,ga ngerti apa”!!pengadaan alquran aja bsa dikorupsi dlembaga yg dia pimpin…
    tau apa dia tentang agama???dia juga mna tau pertanggung jawabanya dikemudian nanti!!bkn hukum negara yg brikan dia sangsi….

  • http://www.facebook.com/max.tangkudung.12 Max Tangkudung

    Membuktikan Departemen Agama Seharusnya di Tiadakan saja karena semakin menjadi akar permasalahan dan membawa Keterkutukan pada bangsa.

  • http://www.facebook.com/soleh.oemar Soleh Oemar

    SBY adalah orang Gagal…. Gagal sbg pemerintahan, gagal sebagai presiden, gagal memilih Menteri (bilangnya kabinet Prefesional), Gagal mengambil kebijakan dan “GALA SEGALA2nya” ….

  • Christin

    Sungguh aneh tapi nyata.
    Sedih, hiba mendengar, melihat ini semua.
    Dimana keadilan itu ??
    Dimana rasa tanggung jawab itu ??
    Pancasila seolah olah hanya sebatas tulisan,
    Bhineka Tunggal Ika ?? Dimana ?????!!!!
    Sungguh….!!!!
    Ada tertulis, iman tanpa perbuatan adalah MATI…!!!
    Marii,,
    Keadilan harus ditegakkan.
    Gunakanlah kedua mata untuk melihat, jangan hanya memandang dengan sebelah mata…!!
    Salam.

  • Alfriets Denny Oroh

    Ini semua tidak bisa disalahkan dari menterinya tapi ini semua salah presiden nya, katanya dipilih rakyat tapi tidak ada tajinya untuk menindak hal-hal yang intoleransi termasuk yang dikomentari oleh menteri agama yang hanya jadi menteri karena jabatan politik bukan kompetensi dan kemampuan kognitif, katanya sekolah tapi tidak punya nalar, pikir ……….pikir dong pak suryadharma ali. Kalau nyali kecil untuk tegur walikota dan masyarakat ndak usah jadi menteri, tapi lebih baik jadi parno saja. Emang pak menteri pernah ke SULUT? asal bunyi saja!!!!!!!!!!
    Orang macam suryadharma ali begini yang akan membuat negara kesatuan menjadi terpecah pecah dan terbagi bagi dan memisahkan diri dari NKRI dan kalau saya menyebut nama pak menteri itu berarti presiden sedirilah yang lebih bertanggung jawab.

  • http://www.facebook.com/hanssitungkir Hans Situngkir

    seharusnya jd teladan, koq jd penghasut…

    baca ilustrasi ini pak……

    ilustrasi:
    Seorang Komandan Perbatasan
    memerintahkan Prajuritnya utk menjaga dan menembak siapa saja yg
    melewati perbatasan negaranya.. suatu ketika ada seorang ibu hamil yg
    hendak melahirkan dan mau melewati perbatasan tersebut dikarenakan Rumah
    sakit terdekat harus melewati perbatasan.. Apa yg harus dilakukan
    Prajurit tersebut..?? menembaki ibu hamil itu, atau menolong ibu hamil
    itu..?? apabila …prajurit itu menembaki ibu hamil itu, maka
    prajurit itu tdk mempunyai rasa kemanusian. namun apabila prajurit
    menolong ibu tsbt, maka pangkatnya akan terancam…

    dalam
    kehidupan sebenarnya byk pimpinan mengutamakan jabatan daripada rasa
    keadilan, kebenaran dan kemanusiaan. dan itu terlihat jelas dinegara qt
    ini. seperti kasus HKBP Setu, HKBP Filadelpia, GKI Yasmin dll yg tdk
    mendapatkan perhatian dari Pimpinan Pemerintah.. seharusnya seorang
    pemimpin hrs berkorban demi kebenaran, keadilan dan kemanusian. bukannya
    mendengarkan aspirasi orang2 yg mempunyai kepentingan “pribadi”… akan
    kah negara kita seperti begini terus..??

    apakah pak menteri punya rasa keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan…

    kalau ada, pak menteri gak akan ngomong demikian…

  • Jusman Sulaiman

    Orang yang berdoa dan beribadah di tempat yang tertutup, melaksanakan haknya yang paling mendasar. Jadi kenapa harus minta ijin kepada masyarakat di sekitarnya?

    Apakah yang dilakukan oleh jemaat Gereja itu bukan perbuatan yang baik? Seolah-olah jemaat yang akan berbakti ini disamakan dengan sekelompok orang bejat yang akan berpesta narkoba dan mabuk-mabukan di sana!

    Peraturan 2 Menteri ini jelas-jelas menganjurkan masyarakat untuk mencurigai ibadah.di Gereja. Ini adalah penghinaan kepada Gereja yang telah dilembagakan negara selama puluhan tahun.

    Kita adalah bangsa yang multi etnik dan mengakui kebebasan beragama. Tetapi kenapa kita tidak seperti negara lain yang menghormati hak beragama walaupun tidak memiliki Menteri Agama?

    Lebih baik Kementrian Agama dibubarkan saja karena justru telah mengompori konflik agama sekian lamanya. Bahkan Kementrian Agama ini pernah menjadi institusi yang paling korup di Indonesia.

  • seo don chan

    Peraturan bersama menteri harus dicabut. Krn membatasi hak warga negara untuk beribadah. Untuk kasus GKI Yasmin, sudah jelas2 ada putusan MA & rekomendasi Ombudsman tapi masih saja dikangkangi pemda bogor. Rusak tatanan hukum kalau begini…

  • Samry Okvandi Sampetoding

    Negara menjamin dan melindungi kebebasan beragama beribadah,
    itu terdapat dlm UUD 1945 dan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia,
    Negara ini adalah Negara Pancasila, yg mengakui sekarang mengakui 6 Agama:
    1. Kristen Protestan

    2. Khatolik
    3. Hindu
    4. Budha
    5. Konghucu
    6. Islam

    Negara ini bukan hanya milik salah satu agama di atas.
    jd untuk apa mempersulit perisinan pembangunan Tempat Ibadah.

    Tugas menteri agama adalah mengurus dan mendukung semua kegiatan yg menyangkut keagamaan yg ada dan resmi di indonesia.
    bukan cuma agama mayoritas saja yg di urusi…!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Yuda

    Kenapa masyarakat Indonesia ini dihalangi untuk beribadah dengan Tuhannya. Disyaratkan harus berjemaat 90 dan ada izin dari 60 orang disekitarnya, aturan apaan tuh..
    Malahan sebaiknya di Indonesia ini sebanyak-banyaknya rumah ibadah, setiap 100 meter ada rumah ibadah, sekalian untuk mengurangi jumlah preman.

    Wahai Pak menteri, sebaiknya Bapak Pensiun aja deh, Bapak tidak mencerminkan seorang Menteri Agama.

  • Irwansir

    Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat….. Bapak Suryadharma Ali diberkatilah engkau telah menjadi menteri agama.

  • Alfons Liwun

    Menteri tdk berbobot. Hny ber-bebek aja. Ber-bebek hny khusus agamanya saja. Memangnya dia diangkat presiden hny urus agamanya ya? Urus naik haji dan hajah aja dihajarnya sampai kaya (korupsi) apalagi urus pluralis…

  • http://twitter.com/PutryboruRingo putry boruRingo

    sebelumnya saya minta mf.saya rasa bapak sma sekali tidak mengambarkan diri bapak sebagai mentri agama di negara ini.saya tidak tw atas dasar apa bapak SBY memilih bapak sebagi mentri agama di negara ini. seharusnya bapak mencari solusi dan memperbaiki keadaaan yang rumit atau sekalipun kondisi dan situasinya salah bukan malah menyalahkan dan mempersulit permasalahan. ingat pak jabatan anda tu adlah tidak lain sebagai wakil tuhan dalam negara ini dalam mengayomi hamba2 tuhan .saya yakin tuhan pun akan murkah jika bapak terus menerus meluangkan diskriminasi pada negara ini , bapak jnagn asal gila jabatan dan harta alagkah lebih baiknya jika bapak juga gila akan perdamaian dan persatuan indonesia. smoga bapak segera brubah dan memperbaiki masalah yang sedang terjadi karna jika hukum alam tidak menyalahi perlakuan bapak hukum tuhan yg akan datang untuk menobatkan bapak.salam saya. siswi fakultas hukum. medan

  • JdDan

    isu akan “terjadi konflik sosial”, memang didesign oleh pemerintah sendiri, sehingga bisa keluar perber itu, yang memang untuk mempersulit pemeluk agama lain beribadah selain Islam, untuk dapat beribadah dengan bebas tertib dan teratur.

  • Alparis Majota

    Cari muka/simpatik utk maju jadi Caleg 2014, takut ga dapat kedudukan jadi mulai lagi…adu domba rakyat, tipe pemimpin yg “amanah?”….menteri ini ga takut kalau stetmennya berbahaya bagi kerukunan nasional, rasa frustasi bisa mewarnai hidup minoritas di negeri ini, pa mentri sadar dong, nasionalislah sebagai pejabat negara !

  • http://twitter.com/johnlh12 Johan Lodewyk Hunila

    kata2 yg tidak pantas keluar dari seorang menteri….. apalagi menteri agama

  • yan

    Menteri ga becus.sblm ngomong itu dipikir pke otak!!!
    Kenyataan di lapangan smua sdh lengkap masih aja dipersulit.

  • Aldi

    pak menteri suryadharma ali yang BODOH & SANGAT TIDAK BIJAKSANA, bagaimana anda bisa menyalahkan orang2 Kristen sedangkan orang2 Kristen DIPERSULIT UNTUK MEMBANGUN RUMAH IBADAH MEREKA OLEH PEMERINTAH SENDIRI???!!!

    Apakah anda secara diam2 juga bertujuan untuk menekan para pemeluk agama minoritas di negeri ini???

    Seharusnya seorang menteri bisa menengahi masalah dengan bijak apapun agama sang menteri, bukan malah menyalahkan pihak2 tertentu!!!

    Ingat juga pak! KEMENTRIAN AGAMA adalah KEMENTRIAN TERKORUP saat ini!!! Jangan menambah kesalahan lagi!!!

  • Nita

    Maaf Sebelumnya, itu ungkapan seorang menteri atau ungkapan tukang sayur untuk menjual barang dagangannya. ungkapan itu tidak mencerminkan negara indonesia adalah negara yg bebas menjalankan hak beragama dan malah mengadu domba umat beragama di negeri ini hanya untuk kepentingan poitiknya saja dan kelompok tertentu. dan perber yg dibuat tidak sesuai degan azas uud 1945.

  • Afnita

    Aturan yang dibuat oleh menteri itu tidak berlandaskan uud 1945. dan hanya menguntugkan salah satu kelompok umat beragama saja khususnya yg mayoritas karena aturan administrasi itu tidaklah sulit bagi mereka. sementara yg minoritas atau agama non muslim itu agk sulit krna karena toleransi beragama pada mereka kebanyakan muslim sangatlah minim krna merka takut klu agama non muslim mempengaruhi iman mereka, itu menandakan betapa masih lemahnya iman dan keyakinan yg mereka miliki sehingga kebanyakan tidak memberikan ijin tuk mendirikan tempat ibadah agama lain disekitar mereka. dan ijin tempat ibadah tidak bisa disamakan dengan bangunan lainnya.

  • just a christian people

    ngomong koar2 di internet ga ada gunanya sobat2, apa langkah kita yang nyata dan REAL dan KONKRIT untuk mempertahankan ke bhineka tunggal ika an di negara kita tercinta ini, , itu yg harus dipikirkan dengan baik, sebuah langkah,, gerakan damai, seperti yg Tuhan Yesus ajarkan pada umatNya.kasihilah musuhmu, kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sndiri,, Indonesia dengan kerukunan antar umat beragamanya, 6 agama yg sah diakui,, harus dipertahankan,, harus diselamatkan,, ,, Tuhan g tidur,, saya sgt menunggu campur tanganNya utk org2 seperti ini, akan ada masanya, segala sesuatu ada waktunya,,.sekarang, langkah NYATA apa yg bisa kita perbuat??saudara2ku setanah air? bagi yg beringas membabi buta, bukalah mata anda, jangan lah jadi babi, buta pula.hehe..berpendapat yang bernas, dengan pikiran jernih dan netral.Tuhan berkati kita semua.Tuhan berkati indonesia.Amin

  • http://www.facebook.com/rangga.susanto.56 Rangga Susanto

    maria poppy….. wis cewok durung nok.

  • http://www.facebook.com/rangga.susanto.56 Rangga Susanto

    cewok dikit ang aja ngoceh bae….

  • Andre Lambert Pandapotan Siman

    Ini adalah masalah bersama dan semua pihak bersalah dalam hal ini. Seharusnya fungsi kementrian agama adalah menghapus diskriminasi terhadap pemeluk agama minoritas di manapun di Indonesia ini. Tanpa Mayoritas tidak ada yang namanya Indonesia, demikian pula halnya tanpa minoritas juga tidak bisa disebut sebagai Indonesia, Indonesia itu Islam, Kristen, Khatolik, Budha, Hindu, Agama-agama Suku dan Kebatinan, dan mereka yang masih dianggap sekte dalam agama2 tertentu di manapun di bagian pelosok Indonesia ini, bahkan ada juga komunitas Yahudi yang juga tidak mendapatkan tempat. Indonesia itu kita semua para pemeluk agama dan juga orang yang tidak memeluk agama. Kalau cuma masalah administratif seharusnya GKI Yasmin secara administratif sudah berdiri, seharusnya kementrian agama yang memastikan hal tersebut terjadi karena sudah punya dasar secara administratif.

  • Andre Lambert Pandapotan Siman

    Ini adalah masalah bersama dan semua pihak bersalah dalam hal ini. Seharusnya fungsi kementrian agama adalah menghapus diskriminasi terhadap pemeluk agama minoritas di manapun di Indonesia ini. Tanpa Mayoritas tidak ada yang namanya Indonesia, demikian pula halnya tanpa minoritas juga tidak bisa disebut sebagai Indonesia, Indonesia itu Islam, Kristen, Khatolik, Budha, Hindu, Agama-agama Suku dan Kebatinan, dan mereka yang masih dianggap sekte dalam agama2 tertentu di manapun di bagian pelosok Indonesia ini, bahkan ada juga komunitas Yahudi yang juga tidak mendapatkan tempat. Indonesia itu kita semua para pemeluk agama dan juga orang yang tidak memeluk agama. Kalau cuma masalah administratif seharusnya GKI Yasmin secara administratif sudah berdiri, seharusnya kementrian agama yang memastikan hal tersebut terjadi karena sudah punya dasar secara administratif.

  • ve

    puluhan pembangunan vila liar tanpa ijin, tempat dugem gak di protes tuhh, bangun satu gereja ajah susahnya minta ampun….
    inilah indonesia dengan kementerian agamanya

  • ve

    puluhan pembangunan vila liar tanpa ijin, tempat dugem gak di protes tuhh, bangun satu gereja ajah susahnya minta ampun….
    inilah indonesia dengan kementerian agamanya

  • http://www.facebook.com/yos.yangorangsayangi Yos Yang Orang Sayangi

    siapa bilang di NTT dipersulit membangun mesjid..???
    belum pernah kesana ya pak mentri..???

  • JON

    GIMANA INI MENTRI AGAMA…. INI MENTRINYA AGAMA ISLAM ATAU MENTRI SEMUA AGAMA?

  • http://twitter.com/nickdorendo Nick Doren

    Mentri agama yang tak bermutu dan anti keberagaman..

  • fahmi

    makanya sembahyangtu jgn cuma bisa digeraja aja.. sekali2 sendiri2 di rumah masing2 kan bisa.. kayak umat ISlam :D

  • http://www.facebook.com/recon.arman Recon Arman

    makanya baca pelan2 dan simak baik2 bro…Persyaratan memperoleh IMB hanya persoalan administratif, tidak ada hubungan dengan isu politik,” kata Suryadharma. itu intinya…

  • http://www.facebook.com/recon.arman Recon Arman

    ya samalah kalau islam di negara lain kalo minoritas,,,

  • Manahan N Naibaho

    Menteri-nya kan agama Islam, wajarlah klo beliau berpendapat seperti itu, ga heran sichhh

  • Manahan N Naibaho

    menteri bicara cari perhatian, mau jd caleg lg iya…ga pantas seorang menteri bicara spt ini, perusak kerukunan umat beragama

  • http://www.facebook.com/binsar.hutabarat.35 Binsar Hutabarat

    TUHAN ALLAH PENGUASA LANGIT DAN BUMI TIDAK BUTA DAN TIDAK TULI. MARI BERSABAR MENUNGGU PUTUSAN DARI YANG MAHA KUASA.

  • deva

    Bapak menteri ada benarnya juga. saya sebagai warga kristiani dari pengalaman2 pendirian Gereja memang terkait administrasi, di mana ada syarat2 yg harus dipatuhi untuk kenyamanan bersama seluruh masyarakat. memang jika tidak terpenuhi akan sulit, krn meski detail tp membuat ‘o iya benar juga, spt misalnya mesti tersedia lahan paskir yg luas krn akan menyebabkan macet, tata ruang di tengah daerah, dsb’ jd memang bukan masalah politik.’ namun di situlah kita sbg murid Kristus diminta untuk berjuang dalam ketabahan sekaligus ketaatan pd kepentingan bersama atas landasan kasih. sekaligus berpikir positif, bahwa semua terjadi atas seijin Tuhan & pasti demi kebaikan seluruh manusia.
    tolong media jgn melebih-lebihkan juga ya shg membuat keruh suasana.

  • deva

    ada pak faktanya. saya warga kristiani lho, pernah dapat cerita dr romo saya waktu kotbah, di daerah (aduh saya lupa-Papua kl ga salah) di mana daerah itu mayoritas kristiani pernah menekan warga muslim & melempari tempat ibadahnya.
    jadi, sbg murid Kristus kita harus belajar untuk selalu rendah hati & menyangkal diri/kedagingan kt yg sering muncul dalam bentuk egoisme diri & kelompok. Salam.

  • imron

    sebagai muslim gue malu ama prilaku ini menteri agama yang rasialis ini. orang mau beribadah diperkarakan, orang yg mengacau malah dibela

  • http://www.facebook.com/SintiaParsaulina Sintia Parsaulina Ucye Siahaan

    lucu skali kamu,,tiap agama punya tata ibadahnya masing2 lah,,jadiiiii hargai umat beragama yang lain yah fahmi,,,krn di agama mu saya yakin pasti ngajarin nya saling hormat-menghormati

  • fernando doren

    Apa yang bisa diharapkan dari menteri seperti ini, bukannya membangun dialog, malah melegitimasi tindakan diskriminatip. Kalau seandainya benar bahwa umat muslim di NTT atau di wilayah lain pernah dipersulit permohonan IMB-nya (satahu saya belum pernah terjadi), sang menteri yang terhormat tidak boleh pakai argumentasi tersebut. Kalau si menteripun masuk dalam permainan balas dendam, bagaimana dengan masyarakatnya?

  • fernando doren

    Imron, sebagai sorang Kristen, saya bangga dengan anda yang mempertanyakan argumentasi menteri. Syukur bahwa kerukunan di Indo bergantung pada masyarakat, buksnnya bergantung pada staf negara seperti ini…

Jangan lewatkan
Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini
Invite a Friend
  1. Seorang calon imam dianiaya, seminari tinggi diserang
  2. PID: Wadah pemuda lintas agama menyatukan perbedaan
  3. Gereja minta Jokowi ungkap kelompok garis keras yang kacaukan Papua
  4. Empat orang Asia masuk Komisi Teologi Internasional
  5. Penyerang sebuah kelompok doa Rosario di Sleman dituntut empat bulan penjara
  6. Universitas Yesuit di Asia-Pasifik bahas peran mereka dalam bidang keadilan sosial
  7. Menag: Pemaksaan kehendak salahi etika Islam
  8. Ancaman ISIS membuat para uskup Filipina gugup
  9. Kebebasan beragama dinilai jadi persoalan serius buat Jokowi
  10. Pilkada lewat DPRD, Indonesia dinilai bisa lebih rusak dari ORBA
  1. Penyerang sebuah kelompok doa Rosario di Sleman dituntut empat bulan penjara
  2. Universitas Yesuit di Asia-Pasifik bahas peran mereka dalam bidang keadilan sosial
  3. PID: Wadah pemuda lintas agama menyatukan perbedaan
  4. Kebebasan beragama dinilai jadi persoalan serius buat Jokowi
  5. Vatikan: Hari Komunikasi Sedunia 2015 fokus pada keluarga
  6. Qanun Jinayat disahkan, warga non Muslim cemas
  7. Paus Emeritus Benediktus XVI disebut kakek dari semua kakek
  8. Sambil berdemontrasi demi pro demokrasi, para mahasiswa Kristiani menyalurkan makanan
  9. Minoritas agama menuntut pemerintah bertindak tegas terkait kampanye kebencian
  10. Menerapkan Revolusi Mental
  1. Hendaknya banyak paroki di wilayah keuskupan-keuskupan meniru hal yang baik yang...
    Said pandenaker simanjuntak on 2014-09-23 09:39:00
  2. Tujuan Paus mungkin yang terpenting adalah bahwa orang tidak dijauhkan dari Sakr...
    Said on 2014-09-21 06:16:00
  3. Puji Tuhan, kalau ada titik terang dari Pak Mengeri Agama yang baru.. Terkabull...
    Said on 2014-09-19 11:42:00
  4. Mantap... hidup santo paulus... Dari muka semua guru, yg kukenal banget itu pak...
    Said Ria on 2014-09-17 22:11:00
  5. KWI sudah mengeluarkan pernyataan resmi menolak PP tersebut. Berarti Ibu Menteri...
    Said chris on 2014-09-13 19:50:00
  6. Bravo... sudah didaftar untuk hak paten? Mau dengar lebih lanjut kalau sudah ad...
    Said on 2014-09-12 07:20:00
  7. Hukuman pilihan...atau nilai emasnya itu... baru tahu ini.. Kalau diberi kesemp...
    Said on 2014-09-12 07:03:00
  8. K-13: guru yang sudah mendapat pelatihan pun msh tetap bingung. Sekarang buku pe...
    Said Lakestra on 2014-09-08 13:49:00
  9. apapun argumennya, masalah patung itu suda beda sejak dulu, tidak heran.......
    Said tri siwi ibar santoso on 2014-09-08 13:13:00
  10. Ini urusan Malaysia, tetangga dekat tetapi sangat beda dengan kita. Kita pastik...
    Said on 2014-09-06 07:54:00
UCAN India Books Online