UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus tekankan pentingnya perempuan dalam Gereja

April 5, 2013

Paus tekankan pentingnya perempuan dalam Gereja

 

Paus Fransiskus menekankan  pentingnya perempuan dalam Gereja Katolik, seraya mengatakan mereka adalah saksi pertama kebangkitan Kristus dan memiliki peran khusus dalam menyebarkan iman.

Keputusan Paus pekan lalu untuk memasukkan perempuan dalam ritual pembasuhan kaki pada Kamis Putih menimbulkan kemarahan dari kelompok tradisionalis, yang mengacu kembali kepada Yesus yang membasuh kaki para rasul-Nya dan mengatakan ritual itu harus terbatas pada laki-laki.

Paus Fransiskus, yang terpilih bulan lalu sebagai Paus non-Eropa pertama selama 1.300 tahun, mengatakan pada Rabu bahwa wanita selalu memiliki misi khusus dalam Gereja sebagai “saksi pertama” kebangkitan Kristus, dan mereka meneruskan iman kepada anak dan cucu mereka.

“Dalam Gereja dan dalam perjalanan iman, perempuan telah dan masih memiliki peran khusus dalam membuka pintu kepada Tuhan,” kata Paus Fransiskus kepada ribuan peziarah pada audiensi mingguan di Lapangan St. Petrus.

Dia mengatakan bahwa dalam Kitab Suci, perempuan tidak dicatat sebagai saksi kebangkitan Kristus karena Hukum Yahudi masa itu tidak menganggap perempuan atau anak-anak untuk menjadi saksi yang diandalkan.

“Namun, di dalam Injil, perempuan memiliki peran utama dan  mendasar … Para penginjil hanya menceritakan apa yang terjadi: para wanita adalah saksi pertama. Ini mengatakan kepada kita bahwa Tuhan tidak memilih sesuai dengan kriteria manusia.”

Untuk kedua kalinya Paus Fransiskus berbicara tentang peran perempuan sebagai saksi kebangkitan Kristus, yang merupakan inti iman Katolik.

Dalam homilinya pada Vigili Paskah, ia mengatakan umat beriman jangan takut berubah.

“Ini sangat menggembirakan,” kata Marinella Perroni, seorang teolog dan anggota Asosiasi Teolog Perempuan Italia.

“Paus Fransiskus memberi penekanan kuat pada ajaran para paus sebelumnya tentang peran perempuan dalam dasar iman dan kebangkitan Yesus,” kata Perroni kepada Reuters.

Sumber: Pope Francis stresses importance of women in the Church

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi