UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus bujuk Israel dan Palestina berunding lagi

Mei 1, 2013

Paus bujuk Israel dan Palestina berunding lagi

 

Paus Fransiskus pada Selasa menerima kunjungan Presiden Israel Shimon Peres di Vatikan dan mengadakan pembicaraan terkait berbagai isu tentang Timur Tengah.

“Pembicaraan yang penuh akrab  tersebut kedua pemimpin itu menyoroti situasi politik dan sosial di Timur Tengah dimana masih terjadi konflik. Sebuah perundingan perlu segera dilakukan kembali di antara Israel dan Palestina, dengan keputusan yang berani dari kedua belah pihak serta dukungan masyarakat internasional. Kesepakatan itu dapat tercapai dengan menghormati aspirasi yang sah dari kedua bangsa, sehingga  memberikan kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu”.

“Kekhawatiran khusus terhadap konflik Suriah juga diungkapkan. Untuk itu solusi politik diharapkan, rekonsiliasi dan dialog segera dilakukan.”

Sejumlah isu tentang hubungan di antara Israel dan Takhta Suci dan di antara otoritas negara itu dan komunitas Katolik setempat juga dibahas.

Kemajuan signifikan yang dibuat oleh Komisi Kerja Bilateral, yang sedang mempersiapkan kesepakatan mengenai isu-isu yang menjadi kepentingan bersama, dihormati dan kesimpulannya disiapkan.”

Usai pertemuan itu, Duta Besar Israel untuk Takhta Suci, Zion Evrony berbicara kepada Radio Vatikan tentang pembicaraan mereka dan khususnya tentang proses damai yang terhenti di antara Israel-Palestina, konflik Suriah dan pembicaraan bilateral di antara Israel dan Takhta Suci.

Evrony mengatakan Israel “benar-benar berharap” untuk mengadakan perundingan damai yang macet di antara Israel dan Palestina. “Tidak ada maksud lain selain bangsa Israel menginginkan perdamaian … perdamaian dengan tetangga kami Palestina adalah salah satu tujuan utama kami,” katanya.

Paus juga menyatakan ia telah menerima undangan untuk mengunjungi Israel.

Sumber: Vatican Radio

 

One response to “Paus bujuk Israel dan Palestina berunding lagi”

  1. bernardus wato ole says:

    Semoga dialog nanti akan menghasilkan perdamaian di timur tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi