UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Isu agama dan suku tak laku untuk pemilih pemula

Mei 6, 2013

Isu agama dan suku tak laku untuk pemilih pemula

 

Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebutkan dalam memilih calon presiden, pemilih pemula tidak mempertimbangkan faktor-faktor primordial seperti suku, agama ataupun kedaerahan sebagai pertimbangan mereka.

“Mayoritas responden, sekitar 41,3 persen tidak mempermasalahkan suku asal calon presiden,” ujar Umar S Bakry di Hotel Century Park, Jakarta, Minggu (5/5/2013), seperti dilansir tribunnews.com.

Hal ini berbeda dengan pandangan pemilih di Indonesia secara umum yang cenderung lebih memilih calon dari suku Jawa.

Menurut Umar, hal tersebut disebabkan oleh karakteristik pemilih pemula yang rasional dan otonom, sehingga faktor-faktor yang sifatnya primordial tidak dilirik oleh mereka.

“Suku, usia, TNI, sipil, agama, tidak mempengaruhi bagi pemilih pemula. Mungkin bagi pemilih tua masih memikirkan faktor-faktor itu. Misalnya mungkin mereka lebih senang dari TNI karena waktu jaman pak Harto aman,” imbuhnya.

Karakter rasional pemilih pemula dapat terlihat dalam hasil survei tersebut, yang menyebutkan mayoritas responden 46,4 persen lebih mengutamakan faktor kemampuan (capability) capres dalam menyelesaikan masalah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi