- UCAN Indonesia - https://indonesia.ucanews.com -

Umat Protestan sangat optimis dengan Paus Fransiskus

 

Acara Kirchentag Protestan ke-34 diadakan di Hamburg, Jerman, pada 1 hingga sampai 5 Mei. Tidak ada acara lain seperti itu dalam dunia Kristen. Ini adalah pertemuan besar dari orang-orang dari segala usia dan lapisan masyarakat.

Ada pidato dari para pemimpin dunia, kebaktian setiap hari menurut denominasi, acara budaya, workshop, pertunjukan musik, dan bazar dari gereja-gereja, kelompok, gerakan dan lembaga-lembaga.

Tema untuk Kirchentag ini adalah “Tiap-tiap orang mengumpulkan menurut keperluannya” (Keluaran 16,18), yang memberikan kesempatan untuk merefleksikan tentang isu-isu di planet ini dan mengamati secara kritis sistem yang mempromosikan kekayaan dan keserakahan.

“Saya menghadiri salah satu acara utama tentang tema ini yang merupakan sesi dialog brilian antara Kanselir Jerman Angela Merkel dan Helen Clark, mantan Perdana Menteri Selandia Baru, sekarang Administrator Program Pembangunan PBB.”

Kedua wanita itu berbicara dengan penuh semangat tentang isu-isu internasional seperti perubahan iklim, kesetaraan gender dan masalah politik yang sensitif menyeimbangkan kemajuan ekonomi bagi negara-negara berkembang seperti Cina dan India serta mendorong tanggung jawab atas emisi karbon.

“Saya juga menghadiri sebuah diskusi panel yang menarik bersama Pendeta Dr Olav Fyske Tveit, Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia dan Uskup Agung Robert Zollitsch dari Freiburg, yang juga ketua presidium Konferensi Waligereja Jerman.”

Temanya adalah Paus Fransiskus dan apakah mungkin membawa kehidupan ekumenis. Baik ketua WCC maupun Uskup Agung itu sangat optimis dengan kepemimpinan ekumenis Paus itu, khususnya dalam sebuah seruan kepada umat Kristiani untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana, yang ditunjukkan dalam pelayanannya sendiri sampai saat ini.

Aula itu dipenuhi dengan  sekitar 2.000 jemaat Protestan sebagian besar dari Jerman, dan mereka memiliki beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada Uskup Agung Zollitsch tentang peran perempuan dan masa depan kerjasama ekumenis di Jerman. Uskup Agung itu sangat terbuka dalam tanggapannya.

Dia mengatakan dia secara pribadi mendukung penahbisan perempuan menjadi diakon dan secara aktif mempromosikan sebuah kajian tentang masalah ini.

Lebih dari 130.000 orang dari seluruh dunia terdaftar menjadi bagian dari Kirchentag.
 
Sumber: Protestants declare themselves ‘very optimistic’ about Pope [1]