UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan tolak klaim bahwa Paus melakukan upacara pengusiran setan

Mei 22, 2013

Vatikan tolak klaim bahwa Paus melakukan upacara pengusiran setan

 

Juru bicara Vatikan pada Selasa membantah klaim bahwa Paus Fransiskus melakukan upacara pengusiran setan (eksorsime) kepada seorang pria di Lapangan Santo Petrus usai Misa pada Minggu.

“Bapa Suci tidak punya niat untuk melakukan upacara pengusiran setan,” kata Pastor Federico Lombardi SJ dalam sebuah pernyataan. “Sebaliknya, ia sering melakukan bagi orang-orang sakit dan menderita. Ia hanya bermaksud untuk berdoa bagi mereka.”

Spekulasi bahwa Paus Fransiskus melakukan upacara pengusiran setan mulai muncul di Internet dari video yang diambil oleh TV2000, sebuah stasiun televisi Katolik di Italia, yang kemudian  di-posting online.

Dalam video tersebut, Paus Fransiskus tersenyum dan mengambil tangan seorang pria yang tidak disebutkan namanya di kursi roda. Paus meletakan tangannya di atas kepala orang itu. Video ini menunjukkan pria di kursi roda itu mengalami kejang-kejang dengan mulut menganga.

Paus juga meletakan tangannya di kepala dua orang lain di kursi roda.

Uskup Thomas J. Paprocki dari Springfield, Illinois, seorang ahli eksorsisme dari Amerika Serikat, yang mengadakan sebuah konferensi tentang topik itu tahun 2010, mengatakan apa yang Paus Fransiskus lakukan pada Minggu itu adalah “jelas bukan pengusiran setan seperti kebanyakan orang memahami hal itu.”

“Apa yang dilakukan Paus itu terlalu singkat,” kata Uskup Paprocki. Kebanyakan eksorsisme, kata Uskup Paprocki, membutuhkan waktu 20 hingga 30 menit untuk menyelesaikan karena praktek itu perlu melibatkan doa, membaca kitab suci dan menggunakan benda-benda sakramental seperti salib dan air suci.

Konferensi tentang eksorsisme tahun 2010 yang diprakarsai Uskup Paprocki dipandang sebagai acara terbesar – setidaknya di Amerika Serikat. Menurut para ahli, 100 uskup dan imam menghadiri konferensi tersebut yang diadakan di Baltimore.

Eksorsisme bukan khas agama Katolik. Kristen, Hindu, dan Islam, semuanya memiliki bentuk pengusiran roh jahat.

Yesus melakukan pengusiran setan, yang bisa ditemukan dalam Injil Matheus, Markus dan Lukas. Salah satu contoh: Matheus 9:32-34, Yesus menyembuhkan seorang bisu dan dua orang buta.

Gereja Katolik memiliki pedoman tentang eksorsisme, “De Exorcismis et Supplicationibus Quibusdam,” yang merupakan dokumen 84 halaman, yang terakhir direvisi tahun 1998.

Selengkapnya: Vatican rejects claim that pope performed an exorcism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi