UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Portugal siarkan film Kerukunan Agama di Indonesia

Juni 14, 2013

Portugal siarkan film Kerukunan Agama di Indonesia

 

Kerukunan umat beragama di Indonesia, khususnya di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah contoh yang mengesankan dan dapat ditiru. Hal ini indah dan bermakna sekali, menurut Armando Seixas Ferreira dari RTP, televisi terbesar Portugal.

Ferreira dan rekannya jurukamera RTP, Rui Silva, mengangkat bagaimana kerukunan beragama  di Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia dalam film dokumenter berjudul A Ilha de Cristo (The Island of Christ).

Konsul Penerangan Sosial Budaya Kedutaan Besar RI Lisbon, Tri Wahyuni, Kamis (13/6), mengatakan film dokumenter tersebut ditayang di saluran TV RTP1, program Linha da Frente (Front Line), pada Kamis pukul 21.00 waktu Portugal, seperti dilansir sinarharapan.com.

Film ini menggambarkan Pulau Flores di Indonesia yang diinjili oleh misionaris Portugis 500 tahun silam. Di Larantuka, Katolik dan Muslim bergabung untuk melaksanakan upacara  Pekan Suci.

Armando mengupas detik-detik perayaan ritual  Semana Santa dalam film berdurasi 30 menit yang disiarkan secara nasional di seluruh Portugal dan Asia, Afrika, dan Amerika Latin, melalui saluran RTP.

Ribuan umat Katolik dari berbagai pulau di Indonesia datang berbondong-bondong merayakan peristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus dalam prosesi yang berlangsung dalam nuansa Katolik, Portugis, dan Larantuka.

Kaum Muslim yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia membantu saudara sebangsanya yang datang beribadah di Nagi, sebutan lain untuk Larantuka. Armando dan Rui Silva mengunjungi Larantuka, Flores Timur, pada Maret-April silam, bertepatan dengan perayaan Paskah Semana Santa di Larantuka.

Kesempatan berkunjung ke Indonesia ini tidak disia-siakan kedua wartawan, yang memang telah lama mengimpikan meliput Indonesia dan ritual warisan Portugis di Tanah Air itu.

Kunjungan jurnalistik Armando dan Rui Silva merupakan bagian dari program framtrip Kemparekraf RI dan KBRI Lisabon tahun 2013, demikian ungkap Tri Wahyuni.

Foto: viva.co

 

One response to “Portugal siarkan film Kerukunan Agama di Indonesia”

  1. franstantri dharma says:

    Seorang pastor Itali dan pemilik tempat seorang haji berhasil mendirikan patung Bunda Maria di daerah perbukitan (Larantuka?). Flores indah seperti Italia yang berbukit dan bergunung-gunung. Semoga mengalami kemajuan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi