UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Yohanes XXIII dan Paus Yohanes Paulus II akan dikanonisasi

Juli 9, 2013

Paus Yohanes XXIII dan Paus Yohanes Paulus II akan dikanonisasi

 

Pada hari yang sama Paus Fransiskus merilis sebuah ensiklik, yang sebagian ditulis oleh salah satu pendahulunya Paus Emeritus Benediktus XVI, ia juga memberikan penghargaan yang luar biasa kepada dua Paus lain.

Ia menyatakan bahwa Mendiang Paus Yohanes XXIII dan Mendiang Paus Yohanes  Paulus II kemungkinan akan dikanonisasi bersama-sama pada tahun ini.

Seorang juru bicara Vatikan mengatakan kemarin bahwa Paus Fransiskus akan mengadakan sebuah pertemuan dengan para kardinal untuk mengatur tanggal upacara kanonisasi, yang dijadwalkan dalam waktu dekat.

Paus Fransiskus telah menyetujui keajaiban terkait Mendiang Yohanes Paulus II, atas campur tangannya dalam menyembuhkan seorang wanita Kosta Rika akibat pendarahan otak yang parah, dan tampaknya ia juga akan memberikan kanonisasi kepada Mendiang Paus Yohanes XXIII tanpa menunggu proses formal yang mendokumentasikan dua keajaiban untuk mencapai kesimpulan.

Berkenaan dengan Mediang Paus Yohanes XXIII, juru bicara Vatikan mengatakan pada Minggu bahwa kanonisasi paus ini berkaitan dengan peringatan 50 tahun Konsili Vatikan II (1962-1965) dan kesucian paus ini “tidak ada keraguan”. Untuk itu Paus Fransiskus memutuskan melakukan kanonisasi.

Paus Yohanes XXIII dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II tahun 2000. Beatifikasi mendiang paus ini dilakukan bersama Mendiang Paus Pius IX.

Sumber: Dual canonizations for John XXIII and John Paul II?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi