UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Untuk lebih dekat dengan umat, Paus tidak akan menggunakan mobil anti-peluru

Juli 19, 2013

Untuk lebih dekat dengan umat, Paus tidak akan menggunakan mobil anti-peluru

 

Paus Fransiskus tidak akan menggunakan Popemobile (mobil kepausan) anti-peluru untuk perayaan Hari Kaum Muda se-Dunia (WYD, World Youth Day) di Brasil.

Hal ini menunjukan bahwa ia tidak memiliki keraguan dengan keamanan dan ia ingin semakin dekat dengan umatnya.

Vatikan mengatakan pada Rabu bahwa Paus Fransiskus akan menggunakan mobil beratap terbuka yang biasa digunakan di Lapangan Santo Petrus. Ia dijadwalkan tiba pada 22 Juli untuk perayaan WYD selama seminggu tersebut.

Dia akan menggunakan mobil terbuka agar ia bisa bersalaman dengan banyak orang saat melewati mereka.

Paus-paus sebelumnya biasa menggunakan Popemobile anti-peluru. Namun, Paus Fransiskus mengakhiri tradisi ini ketika ia mengunjungi para pengungsi imigran di Pulau Lampedusa, Italia selatan.

Paus Fransiskus telah membuat perubahan protokol Vatikan, terutama menyangkut aturan kepausan karena ia ingin menyapa langsung dengan umat.

Dia berusaha menghindari keamanan Vatikan pada penampilan pertamanya setelah ia terpilih menjadi Paus.

Juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ mengumumkan perubahan pada Rabu selama briefing tentang perjalanan Bapa Suci pada 22-28 Juli, dan mengatakan hal itu “jelas” adalah keputusan pribadi Paus Fransiskus ‘untuk meninggalkan Popemobile anti-peluru.

Pastor Lombardi mengatakan ia tidak tahu apakah keamanan Brasil terpaksa mengubah sebagai akibat keputusan Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus memiliki jadwal yang sibuk di Brasil, termasuk perjalanan satu hari ke situs ziarah populer di Aparecida, di antara Rio de Jeneiro dan Sao Paolo, mengunjungi para pasien di rumah sakit bagi masyarakat miskin dan tempat lain.

Terkait aksi protes di Brasil, imam itu mengatakan bahwa Vatikan sangat menyadari aksi protes dengan kekerasan yang melanda seluruh Brasil bulan lalu, tapi ia yakin bahwa para pengunjuk rasa tidak memiliki masalah dengan Paus atau Gereja Katolik dan Vatikan mengharapkan pemerintah Brasil akan menangani situasi ini dengan baik.

Pastor Lombardi menambahkan, “Pesan Paus adalah salah satu solidaritas dengan masyarakat dan mendorong pembangunan yang memadai untuk semua.”

Sumber: Pope Francis to forego bulletproof vehicle in Rio

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi